Thailand Perpanjang Kontrak Alexandre Polking Hingga 2023
Alexandre Polking (FACEBOOK FA Thailand)

Bagikan:

JAKARTA - Pelatih tim nasional Thailand, Alexandre Polking, resmi mendapat perpanjangan kontrak. Federasi Sepak Bola Thailand (FAT) mempercayai juru taktik 45 tahun itu menangani The Elephant War sampai 2023. 

Kabar ini dibagikan lewat akun Facebook resmi FAT pada Jumat, 4 Februari. Polking disodorkan kontrak baru karena keberhasilannya mengantar Thailand menjuarai Piala AFF 2021.

”Asosiasi resmi memperpanjang kontrak Alexandre 'Mano' Polking sebagai pelatih kepala Changsuek (Thailand) hingga 2023,” tulis FAT dalam keterangan. 

Pelatih 45 tahun tersebut berhasil mempersembahkan gelar juara Piala AFF setelah mengalahkan Indonesia di final dengan agregat 6-2. Rinciannya Indonesia kalah 0-4 di laga leg pertama dan hanya hasil imbang 2-2 di laga leg kedua.

Di awal perpanjangan kontraknya, Polking langsung dibebani target untuk meloloskan tim Gajah Perang ke Piala Asia 2023. Tugas itu diberikan setelah Thailand gagal di Kualifikasi Piala Dunia 2022.

”Kami memiliki tiga pertandingan penting di bulan Juni. Bahwa kami harus lolos ke babak final (Piala Asia 2023) itu adalah target pertama (untuk Alexandre Polking),” tulis FAT.

Thailand menempati peringkat keempat klasemen pada Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia di Grup G yang diisi Uni Emirat Arab, Vietnam, Malaysia, dan Indonesia. Hasil itu membuat mereka harus memainkan pertandingan kualifikasi untuk bisa lolos ke Piala Asia 2023.

Untuk undian grup Kualifikasi Piala Asia 2023 rencananya baru akan berlangsung pada 24 Februari di Kuala Lumpur, Malaysia. Sementara itu, pertandingan kualifikasi akan dilakukan secara terpusat pada 8 hingga 14 Juni 2022.

Mengacu pada ranking FIFA per 23 Desember 2021 sebelum diperbarui pada 10 Februari 2022 mendatang, Thailand kini tergabung di pot dua babak undian. Sementara Indonesia saat ini berada di pot keempat.