Jelang Final Piala AFF 2020, Pelatih Thailand Sebut Indonesia Tim yang Tidak Nyaman untuk Dilawan
Tim nasional Indonesia (Foto: PSSI)

Bagikan:

JAKARTA - Piala AFF 2020 memasuki babak final yang mempertemukan Indonesia dan Thailand. Menjelang partai penentu yang akan dimainkan dua leg pada Rabu dan Sabtu mendatang, Alexandre Polking mengungkap hal penting tentang Skuat Garuda.

Pelatih Thailand itu mengakui, Indonesia adalah tim yang tidak nyaman untuk dilawan. Hal ini diungkap Polking usai menyadari bagaimana penampilan Skuat Garuda selama fase grup hingga semifinal.

"Saya sudah menyaksikan pertandingan Indonesia, mereka secara umum tim yang tidak nyaman untuk dilawan dengan variasi dan permainan agresif," ujar Polking dikutip dari laman resmi AFF pada Senin, 27 Desember.

Laga final antara Indonesia vs Thailand akan jadi pertemuan keempat bagi kedua tim. Pada tiga pertemuan sebelumnya, pada final Piala AFF 2000, 2002 dan 2016, Thailand sukses mengalahkan Indonesia. 

Namun, dalam partai final 2020 nanti kemunginan Timnas untuk meraih gelar juara masih terbuka lebar, mengingat peningatan performa tim yang signifikan di bawah asuhan Shin Tae-yong.

Dengan berkaca pada penampilan Timnas sepanjang fase grup, Polking juga tak ragu memberi pujian pada Skuat Garuda yang disebutnya berbeda dari lawan mereka sebelumnya, yaitu Vietnam.

"Saya menghormati tim Indonesia yang punya permain bagus dan ini akan menjadi pertandingan yang berbeda dari melawan Vietnam," katanya.

Kendati demikian Polking tetap mengingatkan agar pasukannya tetap waspada, mengingat laga lawan timnas adalah laga berat. Terlebih dengan waktu istirahat yang lumayan singkat yang sedikit banyak akan memengaruhi performa mereka.

"Ini akan jadi pertandingan yang sangat berat karena kami hanya punya waktu istirahat dua hari untuk mempersiapkan pertandingan ini, semua harus waspada," ucap Polking.

Thailand sendiri sukses melangkah ke final Piala AFF 2020 setelah mengalahkan Vietnam dengan agregat 2-0. Pada dua lega yang berlangsung Kamis dan Minggu malam, Thailand menang dua gol tanpa balas dan menahan imbang juara bertahan tanpa gol.

Sementara Indonesia sebelumnya sukses meraih kemenangan agregat 5-3. Final Indonesia vs Thailand akan digelar pada Rabu 29 Desember dan Sabtu 1 Januari.