Indonesia 5 Kali Gagal di Final Piala AFF, Shin Tae-yong: Kali Ini Saya Mau Juara
Shin Tae-yong (Foto: PSSI)

Bagikan:

JAKARTA - Tekad kuat diutarakan pelatih tim nasional Indonesia, Shin Tae-yong jelang laga final Piala AFF 2020 melawan Thailand Rabu besok. Sang juru racik ingin Skuat Garuda jadi juara.

"Jujur saya ingin (timnas) jadi juara. Tapi mengangkat piala itu sesuatu yang terjadi bukan karena sekadar Anda menginginkannya, tapi terjadi karena Anda melakukan yang terbaik," ucap Shin Tae Yong dalam konferensi pers daring pada Selasa, 28 Desember.

Diketahui, timnas Indonesia sudah beberapa kali lolos ke final tapi selalu gagal merebut gelar juara. Edisi 2020 (yang digelar tahun 2021 akibat COVID-19) menjadi final keenam Skuat Garuda.

Pertemuan Indonesia dengan Thailand sendiri seperti deja vu. Sebab, pada final Piala AFF 2000, 2002, dan 2016 timnas juga berjumpa Tim Gajah Perang dan selalu gagal.

Selain tiga kali ditaklukkan Thailand di final, Indonesia juga gagal menang saat menghadapi Singapura di final tahun 2004 dan Malaysia di tahun 2010.

Terlepas dari catatan itu, Shin Tae-yong mengatakan bahwa untuk bisa mewujudkan juara maka mental pemain jadi hal penting yang harus difokuskan. Pelatih asal Korea Selatan itu yakin timnas Indonesia akan juara Piala AFF 2020 jika mental pemain kuat.

"Sebagai pelatih dan pemain saya sudah juara lebih dari 20 kali. Dari pengalaman itu saya akan menerapkan mental buat pemain dan mencoba agar pemain jadi juara," ujar Shin Tae-yong.

"Dari pertandingan pertama penyisihan grup, kami sudah mempersiapkan mental, sama seperti sebelum laga ini juga. Jadi final kami juga akan mempersiapkan mental kuat dalam suasana yang baik. Jadi suasana itu yang akan dibawa sampai ke final ini," tandasnya.