Tiga Putra Papua Bawa Timnas Indonesia Tekuk Timor Leste di Uji Coba Terakhir
Tim nasional Indonesia (PSSI)

Bagikan:

JAKARTA – Indonesia kembali mengalahkan Timor Leste di laga kedua uji coba internasional FIFA. Pasukan Shin Tae-yong berhasil melibas lawan mereka dengan skor tiga gol tanpa balas.

Pertandingan ini berlangsung di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, Bali, pada Minggu, 30 Januari. Gol kemenangan bagi timnas Indonesia masing-masing dicetak oleh tiga putra Papuan, yakni Terens Puhiri, Ramai Rumakiek, dan Ricky Kambuaya.

Lima menit pertandingan berlangsung, Indonesia langsung mengungguli Timor Leste. Umpan manis Ricky Kambuaya sukses diselesaikan Terens Puhiri dengan sontekan manis.

Pada menit ke-12 Marselino Ferdinan nyaris menggandakan keunggulan bagi tim Garuda. Namun, tendangannya dari luar kotak penalti yang mengarah ke sudut jauh berhasil digagalkan oleh kiper lawan.

Elias Mesquita nyaris saja membawa Timor Leste menyamai kedudukan pada menit ke-19. Ia berhasil menyarangkan bola ke gawang Indonesia, tapi gol tersebut dianulir wasit karena ia sudah terjebak offside.

Marselino punya peluang emas di menit ke-36 untuk mengukir namanya di papan skor dan menambah keunggulan untuk Indonesia. Sayang, tembakannya masih bisa digagalkan Junildo Pereira.


Gol kedua yang ditunggu timnas Indonesia baru datang empat menit sebelum jeda. Ramai Rumakiek mencetak gol indah dengan tendangan keras dari luar kotak penalti yang sulit dibendung kiper El Lafaek.

Pulang dari kamar ganti, Marcelino kembali memberikan ancaman untuk gawang lawan di menit ke-57. Ia membuat tendangan jarak jauh, tetapi usaha tersebut tidak akurat.

Gol ketiga bagi Indonesia baru bisa lahir pada menit ke-72. Kambuaya mampu melewati barisan terakhir pertahanan lawan dan menjaring bola dengan tenang ke sudut kiri gawang.

Pratama Arhan dan kawan-kawan terus menekan lawan setelah memimpin 3-0. Namun, tidak ada gol lagi yang berhasil diciptakan sampai pengadilan lapangan meniup peluit panjang tanda laga rampung.

Indonesia sebelumnya mengukir kemenangan atas Timor Leste pada Kamis, 27 Januari lalu. Di laga pertama itu, skuat Garuda mampu menang 4-1 setelah tertinggal terlebih dulu dari tim tamu.

Susunan Pemain

Indonesia (4-2-3-1): Nadeo Argawinata; Pratama Arhan, Alfeandra Dewangga, Fachrudin Aryanto, Bayu Fiqri; Ricky Kambuaya, Rachmat Irianto; Terens Owang Puhiri, Marselino Ferdinan, Ramai Rumakiek; Ronaldo Kwateh. Pelatih: Shin Tae-yong.

Timor Leste (4-3-3): Junildo Pereira; João Bosco Halle, João Panji, Jaimito Soares, Tomas Sarmento; Kapitan Paulus Gusmão, Martins Fatima Braz, Mouzinho; Paulo Domingos Costa Freitas, Elias Mesquita, Conceicao Mota. Pelatih: Fabio Magrao.