Ricky Kambuaya Sebut Timnas Masih Punya Banyak PR Meski Sukses Gebuk Timor Leste Dua Kali
Ricky Kambuaya (Twitter.com/@pssi)

Bagikan:

JAKARTA - Timnas Indonesia berhasil menorehkan catatan apik dalam dua pertemuan kontra Timor Leste. Namun demikian, Timnas ternyata masih punya banyak pekerjaan rumah (PR) yang harus diperbaiki.

Hal tersebut diakui oleh gelandang Ricky Kambuaya. Pemain asal Papua itu mengatakan meski dalam dua laga ia sukses mencetak gol tapi secara keseluruhan Timnas masih perlu berbenah agar bisa lebih baik lagi.

"Saya pribadi bersyukur dan berterima kasih atas dukungan yang telah diberikan, yang terpenting kami bisa meraih tiga poin," kata Ricky Kambuaya seusai pertandingan dikutip dari laman resmi PSSI.

"Namun, menurut saya (timnas) masih banyak pekerjaan rumah. Kami akan perbaiki satu per satu," ujar Ricky Kambuaya menjelaskan.

Pada laga uji coba FIFA Matchday yang berlangsung di Stadion I Wayan Dipta, Bali Minggu, 30 Januari Skuat Garuda sukses membukukan kemenangan 3-0 ke gawang Timor Leste. Tiga gol tanpa balas itu merupakan hasil eksekusi Terens Puhiri, Ramai Rumakiek dan Ricky Kambuaya.

Sebelum ini, Timnas juga berhasil mencatatkan kemenangan atas lawan yang sama. Pada pertemuan perdana 27 Januari lalu, Skuat Garuda menang 4-1 lewat gol Ricky Kambuaya, Pratama Arhan dan dua gol bunuh diri Timor Leste.

Jika melihat catatan ini, Timnas bisa meningkatkan ranking di FIFA. Tapi sejalan dengan yang dikatakan Kambuaya, Shin Tae-yong selaku pelatih juga menyebut Timnas masih punya banyak PR demi meningkatkan performa.

"Semua pemain bekerja keras walaupun jumlah skuat kami berkurang. Namun, kami masih harus lebih berusaha daripada sekarang agar bisa menunjukkan perkembangan," ujar Shin Tae-yong.

Di balik kemenangan pada laga uji coba kedua itu, Timnas sejatinya menghadapi keadaan sulit. Sebab, beberapa saat jelang laga delapan pemain terpaksa absen karena dinyatakan positif terpapar COVID-19.