Gambia vs Kamerun: Karl Toko Ekambi Borong Dua Gol, Pasukan Singa Gigih Lolos ke Semifinal Piala Afrika
Penyerang timnas Kamerun, Karl Toko Ekambi. (foto: Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Karl Toko Ekambi mengantarkan tim nasional Kamerun melenggang ke semifinal Piala Afrika 2021 dengan mengalahkan Gambia 2-0 dalam pertandingan perempat final Gambia vs Kamerun di Stadion Japoma, Douala, Kamerun, Sabtu waktu setempat (Minggu WIB).

Seperti dilansir Antara, Ekambi memborong dua gol penentu kemenangan tim berjuluk The Indomitable Lions (Singa Gigih) itu. Diawali dengan memecah kebuntuan pada menit ke-50 saat ia menanduk umpan silang kiriman Collins Fai.

Tujuh menit berselang, penyerang Olympique Lyon itu kembali mengoyak gawang Gambia dengan sepakan kaki kanan memanfaatkan operan dari Martin Hongla.

Sejak unggul dua gol, Kamerun terus relatif lebih banyak menguasai jalannya permainan sayang peluang dari Nicolas Moumi Ngamaleu dan Hongla untuk menambah keunggulan masih bisa diamankan kiper Baboucarr Gaye.

Sebaliknya, Gambia yang kesulitan menembus lini pertahanan Kamerun terpaksa melakukan spekulasi jarak jauh termasuk tembakan Ebrima Colley yang berakhir digagalkan kiper Andre Onana.

Skor 2-0 bertahan hingga bubaran memastikan langkah tuan rumah ke semifinal, sementara Gambia harus puas menyudahi penampilan debutnya di Piala Afrika hanya di babak perempat final, demikian catatan laman resmi CAF.

Setelah Gambia vs Kamerun di perempat final, dalam semifinal Singa Gigih akan berhadapan dengan pemenang laga perempat final lainnya antara Mesir kontra Maroko yang baru dilangsungkan sehari berselang.