PSSI Konfirmasi Timor Leste Jadi Kandidat Terkuat Lawan Indonesia di FIFA Matchday
Timnas Indonesia usai karantina di Hotel Sultan (Foto: Antara)

Bagikan:

JAKARTA – PSSI mengonfirmasi Timor Leste menjadi kandidat terkuat untuk lawan timnas Indonesia di jeda internasional ujung bulan ini.

Jeda internasional yang masuk agenda FIFA dijadwalkan pada periode 24 Januari sampai 2 Februari 2022. Adapun Indonesia diagendakan memainkan dua laga FIFA Matchday pada 24-27 Januari.

"Kemungkinan besar Timor Leste. Karena cukup sulit cari laga friendly match sekarang. Karena aturan negara lain berbeda dengan kita," ujar Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan di Hotel Kimaya, Jakarta, pada Minggu, 16 Januari.

Indonesia sebelumnya dijadwalkan menghadapi Bangladesh dalam dua pertandingan uji coba tersebut. Bangladesh sendiri sudah mengiyakan agenda itu.

Namun, mayoritas pemain Bangladesh yang belum vaksinasi membuat laga ini urung dilaksanakan. Sebab, untuk bisa masuk Indonesia warga negara asing harus sudah menerima vaksin dua dosis.

PSSI pun langsung bergerak cepat untuk mencari pengganti Bangladesh. Induk sepak bola Indonesia itu langsung membangun komunikasi dengan Brunei Darussalam dan Timor Leste.

Meski demikian, sejauh ini hanya Timor Leste yang sudah memberikan kepastian untuk melakukan uji coba dengan Indonesia.

"Kalau brunei masih ditunggu. Kalau Timor Leste merespon dengan baik. Kita punya hubungan cukup bagus. Sebetulnya Bangladesh itu mau, tapi kan pertama karena vaksin baru sekali dan tak mau karantina. Jadi kita agak kesulitan," ujar pria yang akrab disapa Iwan Bule itu.

Rencananya timnas Indonesia akan menurunkan mayoritas pemain U-23 pada uji coba internasional nanti. Pasalnya ini menjadi momen yang bisa digunakan sebagai persiapan untuk Piala AFF U-23 di Kamboja bulan depan.

Sampai saat ini tim nasional Indonesia belum membuat persiapan pemusatan latihan. Pelatih Shin Tae-yong sendiri sudah berada di Bali.