Ketum PSSI Minta Timnas Putri Indonesia Patuhi Prokes Selama Berjuang di Piala Asia 2022
Ketum PSSI Mochamad Iriawan (Ulfa Gusti/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Peringatan tegas disampaikan Ketua Umum (Ketum) PSSI, Mochamad Iriawan kepada timnas putri Indonesia menjelang keberangkatan ke Piala Asia 2022. Selama di India nanti, Iriawan meminta para pemain mematuhi semua aturan protokol kesehatan (prokes) pencegahan COVID-19 yang ditetapkan pemerintah setempat.

"Mereka wajib mengikuti protokol kesehatan di sana (India). Kita sama-sama mengetahui kasus COVID-19 yang disebabkan virus varian Omicron terus meningkat," kata Iriawan ditemui saat menyaksikan uji coba timnas putri indonesia di Stadion Madya, Senayan pada Kamis, 13 Januari.

Tak hanya itu, Ketum PSSI juga mengingatkan kepada Zahra Muzdalifah dkk untuk tidak keluar tempat penginapan tanpa izin. Hal itu disampaikannya mengingat bahwa jika aturan itu dilanggar maka bisa saja menimbulkan persoalan sendiri di India.

Pasalnya, situasi serupa pernah terjadi saat timnas Indonesia berlaga di Piala AFF 2020, Singapura pada Desember 2021. Ketika itu, empat pemain Skuat Garuda disanksi larangan bertanding karena dianggap melanggar regulasi COVID-19 di Singapura.

"Anak-anak jangan mencoba untuk keluar membeli apapun. Jangan sampai terjadi permasalahan di sana," kata Iriawan.

Terlepas dari wejangan yang disampaikan Iriawan, Piala Asia 2022 sendiri akan digelar di India pada 20 Januari-6 Februari 2022.

Indonesia sendiri tergabung dalam Grup B bersama Australia, Thailand dan Filiphina. Laga perdana Garuda Pertiwi akan dilalui dengan melawan Australia pada 21 Januari.

Terbang ke India pada 16 Januari mendatang, Skuat Garuda Pertiwi akan berisi 23 pemain pilihan yang telah menjalani pemusatan latihan di Jakarta dan lolos seleksi pelatih, Rudy Eka Priyambada.