Segrup dengan Australia dan 2 Rival ASEAN di Piala Asia 2022, Pelatih Timnas Putri: Kami Harus Fokus dan Bekerja Keras
Ilustrasi timnas putri (Foto: PSSI)

Bagikan:

JAKARTA - Timnas putri Indnesia tergabung di Grup B Piala Asia 2022 yang dihuni lawan-lawan tangguh yaitu Australia, Thailand dan Filipina. Pelatih Rudy Eka Priyambada menegaskan bahwa skuatnya akan berjuang sekuat tenaga.

"Kami harus fokus dan bekerja keras demi menampilkan yang terbaik di Piala Asia nanti," ujar Rudy, dikutip Antara dari keterangan PSSI.

Australia, Thailand dan Filipina merupakan tiga tim yang berpengalaman di Piala Asia Putri.

Termasuk edisi 2022, Australia sudah delapan kali tampil di kompetisi tersebut, sementara Thailand 17 kali dan Filipina 10 kali. Adapun Indonesia baru lima kali.

Dari sisi prestasi, Australia merupakan juara turnamen itu pada tahun 2010, Thailand kampiun tahun 1983 dan Filipina adalah tim peringkat keenam tahun 2018. Sementara Indonesia, yang terakhir kali tampil di Piala Asia Putri tahun 1989, menjadi semifinalis pada tahun 1977 serta 1986.

Sementara kapten timnas putri Ade Mustikiana mengakui bahwa Grup B merupakan grup berat.

Meski demikian, Ade memastikan bahwa dia dan rekan-rekannya akan berupaya untuk menunjukkan performa maksimal pada turnamen tersebut.

"Saya belum pernah berhadapan dengan tim sekelas Australia, sempat bersua Thailand dan Filipina saat mengikuti beberapa turnamen. Namun, saya dan teman-teman akan berusaha tampil solid dan menjaga optimisme," tutur Ade.

Piala Asia Putri AFC 2022 yang digelar di India pada 20 Januari-6 Februari diikuti oleh 12 negara yang dibagi ke dalam tiga grup.

Berdasarkan pengundian pada Kamis, Grup A diisi tuan rumah India, China, Taiwan dan Iran.

Lalu di Grup B ada Australia, Thailand, Filipina dan Indonesia. Sementara Jepang, Korea Selatan, Vietnam dan Myanmar berada di Grup C.

Para juara dan peringkat kedua grup akan lolos ke perempat final bersama dua peringkat ketiga terbaik. Setelah itu, kompetisi berlanjut ke semifinal dan final.