Jelang Timnas Putri Indonesia Hadapi Australia, Pelatih Rudy: Kami Sangat Siap
Pelatih timnas putri Rudy Eka Priyambada (Ulfa Gusti Utami/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Timnas putri Indonesia akan melakoni laga perdana di babak penyisihan Grup B Piala Asia 2022 pada Jumat, 21 Januari pukul 17.30 WIB. Dalam laga itu, Garuda Pertiwi akan menghadapi lawan tangguh, Australia di Stadion Mumbai Football Arena, India.

Australia merupakan lawan yang patut diperhitungkan. Sebab, mereka ditopang sejumlah pemain yang mayoritas berlaga di Eropa, terutama Inggris.

Sementara itu, para pemain Garuda Pertiwi justru kekurangan jam terbang karena pendemi COVID-19 yang melanda memaksa sebagian besar kompetisi terhenti.

Kendati begitu, Rudy Eka Priyambada selaku pelatih timnas putri Indonesia menegaskan timnya tidak akan gentar walau menghadapi lawan yang tergolong kuat. Mereka menyatakan kesiapan penuh menghadapi Australia.

"Pemain lawan terbilang hebat. Tapi, kami sangat siap menghadapi mereka," kata Rudy dalam konferensi pers virtual menjelang laga, Rabu, 19 Januari 2022.

Lebih lanjut, Rudy juga mengatakan dalam laga perdana nanti timnya akan memanfaatkan kesempatan tampil secara maksimal. Sebab ini adalah kali pertama bagi timnas putri Indonesia bisa tampil lagi di ajang Piala Asia setelah 33 tahun penantian.

"Kami harus membuktikan diri di atas lapangan kalau kami layak. Piala Dunia jadi impian bagi publik Indonesia, begitu juga dengan pemain. Jadi, kami harus bekerja keras untuk mewujudkan mimpi itu," tuturnya.

Sebelum melakoni laga kontra Australia, Garuda Pertiwi lebih dulu menjalani pemusatan latihan di Jakarta kurang lebih selama satu bulan. 

Setelah menghadapi Australia di laga pertama, timnas putri Indonesia akan melawan Thailand pada Senin, 24 Januari dan disusul kontra Filipina pada Kamis, 27 Januari.