Bagikan:

JAKARTA - Ketua Umum (Ketum) PSSI, Erick Thohir, membahas kelanjutan kontrak pelatih kepala Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Kata Erick, keputusan lanjut atau tidaknya kerja sama tergantung performa tim di Piala Asia 2023 dan Piala Asia U-23 2024.

Sejatinya dalam perjanjian kontrak awal, Shin Tae-yong terikat menangani Timnas Indonesia hingga Desember 2023. Namun, saat ini pelatih asal Korea Selatan itu dapat kesempatan perpanjangan hingga Juni 2024.

Untuk memutuskan nasib Shin Tae-yong selanjutnya, Ketum PSSI menyebut bahwa hal itu akan lebih dulu melewati penilaian. Hasil akhir tim di Piala Asia 2023 dan Piala Asia U-23 2024 menjadi pertimbangan.

"Itu perpanjangan (kontrak Shin Tae-yong saat ini) sampai Juni 2024, tetapi nanti kami review kinerjanya untuk Asia Cup Senior (Piala Asia 2023) dan tentu Asia Cup U-23 (Piala Asia U-23 2024)," kata Ketua Umum PSSI Erick Thohir ditemui di Menara Danareksa, Jakarta Pusat, pada Kamis, 18 Januari 2024.

Andai Shin Tae-yong bisa membuktikan diri dalam rentang waktu yang ditentukan, Erick Thohir menyebut bahwa PSSI berencana membuka negosiasi untuk memperpanjang kerja sama hingga 2027.

"Kalau prestasinya bagus, ya, kami duduk untuk membahas itu (menegosiasikan kontrak) sampai 2027. Sudah, tadi sudah dikatakan kalau kontraknya saat ini sampai Juni 2024. Kalau performanya bagus baru sampai 2027," ungkap Erick lagi.

Meski situasinya kurang menyenangkan, Erick Thohir menegaskan bahwa federasi terus memberikan dukungan dan terus menjalin komunikasi dengan sang pelatih. Hal itu menjadi bentuk nyata sebagai dukungan untuk perkembangan Skuad Garuda.

"Kita saling menghargai. Saya dengan coach Shin Tae-yong berkomunikasi baik. Saya dukung. Kemarin ada minta tambahan bus, saya bantu. Minta tambahan dokter, saya bantu. Saya dukung pasti. Saya tidak pernah mendiskriminasi pelatih mana pun," tutur Ketum PSSI.

Soal target yang dipasang federasi, tugas Shin Tae-yong memang tak mudah, apalagi di Piala Asia. Skuad Garuda terakhir kali tampil di ajang itu pada edisi 2007.

Pada Piala Asia 2023, Timnas Indonesia juga memasang target untuk bisa lolos ke babak 16 besar. Setelah kalah di laga perdana, tim asuhan Shin Tae-yong harus berjuang keras di laga kedua kontra Vietnam pada Jumat, 19 Januari 2024, pukul 21.30 WIB.