Kolektivitas Timnas Putri Semakin Terasah, Modal Positif Menuju Piala Asia 2022
Uji coba timnas putri Indonesia vs Persib (Ulfa Gusti/VOI)

Bagikan:

JAKARTA – Kolektivitas tim nasional putri Indonesia dinilai kian membaik. Ini bakal menjadi modal positif menjelang partisipasi mereka di Piala Asia 2022.

Skuat asuhan Rudy Eka Priyambada itu sejak bulan lalu menggenjot persiapan untuk ajang yang akan berlangsung di India 20 Januari sampai 6 Februari mendatang. Permainan mereka terus diasah agar bisa mendapat hasil maksimal.

Sejumlah uji coba pun mereka jalani demi meningkatkan permainan. Terbaru Zahra Muzdalifah dan rekan-rekan diuji tim putri Persib Bandung pada Kamis, 13 Januari, di Stadion Madya, Senayan, Jakarta.

"Sekarang lawan wanita ada peningkatan sangat luar biasa. Mereka kolektivitasnya bagus dan fisiknya bagus," kata Rudy saat ditemui awak media usia uji coba.

Zahra dan kawan-kawan masih akan memainkan satu lagi laga uji coba melawan Persib pada Jumat, 14 Januari.

"Kami sudah satu bulan persiapan. Dari kemarin kami uji coba lawan pria. Ada peningkatan dari kalah banyak dan kemarin seri. Besok lawan mereka (Persib) sekali lagi. Kita akan lihat seberapa mereka kuat fisiknya, tetapi pada dasarnya kami siap bermain di Piala Asia," ujar Rudy.

Di uji coba pertama melawan Persib Bandung skuat timnas putri Indonesia punya beberapa pekerjaan rumah yang harus diselesaikan.

Rudy mengatakan bahwa pekerjaan rumah itu adalah di sisi kanan pertahanan. Masalah ini harus bisa diperbaiki karena Australia akan menjadi ujian pertama buat Garuda Pertiwi.

Australia sendiri akan datang membawa nama beken seperti Sam Kerr. Pemain yang masuk nominasi Ballon d'Or itu tentunya akan merepotkan sisi kanan pertahanan Indonesia yang masih perlu diperbaiki.

"Ada beberapa bola yang bisa bolong ke depan di sebelah kanan. Itu yang perlu diwaspadai karena kita ketahui Sam Kerr pemain terbaik dunia posisinya di sebelah situ," katanya.

Timnas putri Indonesia akan menjalani latihan di Jakarta hingga 15 Januari nanti sebelum bertolak ke India keesokan harinya. Mereka punya waktu empat hari di sana untuk melakukan persiapan melawan Australia di laga pertama Grup B, menyusul bertemu Thailand dan Filipina.