Ironi, India Tersingkir dari Piala Asia Wanita Usai 12 Pemainnya Positif COVID-19
Timnas putri India (Twitter.com/@afcasiancup)

Bagikan:

JAKARTA - Tuan rumah Piala Asia Wanita 2022, India harus menerima kenyataan pahit di awal-awal gelaran kompetisi. Mereka dinyatakan tersingkir dari turnamen itu usai skuatnya diserang kasus COVID-19.

Dilansir dari The Indian Express, Senin, 24 Januari, ada 12 dari total 23 pemain timnas putri India yang dinyatakan positif terpapar COVID-19. Bukan cuma pemain, ada juga empat staf tim yang turut terjangkit.

Kasus positif COVID-19 di kubu timnas India itu diketahui jelang laga melawan Taiwan yang dijadwalkan berlangsung pada Minggu, 23 Januari malam WIB. Karena situasi itu, India tak bisa melanjutkan perjuangan di Piala Asia Wanita 2022.

Sebab, di luar 12 pemain yang dinyatakan positif COVID-19, ada juga dua pemain yang harus absen karena mengalami cedera. Jika berdasarkan hitungan, kondisi ini membuat India hanya punya sembilan pemain yang siap tanding.

Namun, berdasarkan regulasi Piala Asia Wanita 2022, setiap tim harus memiliki minimal 13 pemain untuk bisa bertanding. Hal itu mengacu pada pasal 4.1 regulasi Piala Asia Wanita 2022.

"Sebuah tim yang memiliki kurang dari 13 pemain dan tidak bisa berpartisipasi dalam sebuah pertandingan, tim tersebut harus bertanggung jawab atas tidak berlangsungnya pertandingan dan akan dianggap telah mengundurkan diri dari kompetisi," bunyi pasal tersebut.

Atas situasi ini, Presiden Federasi Sepak Bola India (AIFF), Prateful Patel mengungkapkan para pemain timnas putri India terpukul dengan kenyataan pahit yang harus dihadapi. Namun begitu, Patel meyakini timnas putri India bisa secepatnya bangkit.

"Saya yakin mereka akan bangkit kembali dari kemunduran sesaat ini," ucapnya.

India sendiri tergabung di Grup A Piala Asia Wanita bersama China, Taiwan, dan Iran. Sementara itu, Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) memastikan gelaran Piala Asia Wanita 2022 tetap berlanjut di tengah marak kasus COVID-19 di India.