Tempuh Perjalanan 17 Jam ke India, Timnas Putri Indonesia Siapkan Stamina Demi Tampil Prima
Timnas putri tiba di India (Foto: PSSI)

Bagikan:

JAKARTA - Timnas putri indonesia sudah tiba di bandara internasional Chhatrapati Shivaji Maharai, India untuk tampil di kompetisi Piala Asia Wanita 2022. Setelah menempuh perjalanan selama kurang lebih 17 jam dari Indonesia, Skuat Garuda Pertiwi langsung beristirahat penuh demi mempersiapkan stamina untuk hasil maksimal di kompetisi.

Setibanya di India, para pemain, pelatih dan staf ofisial melakukan tes swab PCR terlebih dahulu di bandara dan menuju hotel tim di hotel Royal Orchid Grazia, Navi Mumbai. Sembari menunggu hasil tes, para pemain dibebastugaskan dari kegiatan apapun agar mereka bisa beristrahat dengan maksimal.

"Perjalanan yang melelahkan bagi semua pemain, pelataih dan staff, tapi alhamdulillah kami sampai dengan selamat hingga di hotel tim," ujar pelatih kepala timnas wanita Rudy Eka Priyambada dalam keterangan resmi yang diterima VOI, Selasa.

"Belum ada kegiatan apa-apa terlebih dahulu, jadi semua harus istirahat dan menjaga kondisi, sambil menunggu hasil PCR keluar," lanjut sang pelatih.

Selain untuk mengembalikan stamina pasca menempuh perjalanan jauh, anjuran istirahat ini juga salah satu cara mengikuti anjuran protokol kesehatan. Sesuai anjuran pemerintah India, pelatih, para pemain dan semua staf ofisial tidak diperkenankan untuk meninggalkan ruangan kamar hingga hasil PCR dinyatakan aman.

Untuk itu, kegiatan bagi timnas putri pada hari pertama usai mendarat praktis hanya menunggu hasil PCR dan beristirahat.

“Hari ini teman-teman dan semuanya cukup lelah karena perjalanan jauh dari Jakarta. Karena tidak ada latihan, jadi kami hanya beristirahat dan menjaga pola makan sambil menunggu instruksi pelatih, semoga semua aman sehingga kami bisa segera berlatih bersama-sama di lapangan” ujar Viny Silfianus.

Selama mengikuti kompetisi Piala Asia Wanita 2022 di India, semua tim  berada dalam sistem kompetisi bio bubble, di mana tim hanya diperkenankan berada di hotel, lapangan latihan dan stadion pertandingan. Semua pemain dan ofisial tidak diperkenankan meninggalkan area-area bio bubble tersebut karena mengikuti peraturan pemerintah India terkait penangan kasus COVID-19 serta regulasi dari AFC.

Jika nantinya semua pemain dan ofisial dinyatakan negatif COVID-19, maka tim diperkenankan menggelar latihan pada besok pagi. Rencananya, Skuat Garuda Pertiwi akan menjalani sesi latihan perdana pada Selasa, 18 Januari pagi dengan total durasi latihan selama kurang lebih dua jam di lapangan latihan Yasvant Rao, Mumbai.

Latihan tersebut dilakukan sebagai persiapan untuk menghadapi laga perdana fase grup B kontra Australia di Stadion Mumbai Football Arena pada 21 Januari mendatang. Indonesia sendiri tergabung di grup B bersama Australia, Thailand dan Filipina.