Vietnam Selamat dari Kemungkinan Buruk di Piala Asia Wanita 2022 Usai 14 Pemain Dinyatakan Negatif COVID-19
Timnas putri Vietnam  (Twitter.com/@afcasiancup)

Bagikan:

JAKARTA - Timnas putri Vietnam akhirnya bisa bernapas lega karena selamat dari ancaman terburuk di Piala Asia Wanita 2022. Sebab, 14 pemain mereka akhirnya mendapatkan hasil tes negatif COVID-19.

Dilansir dari Laodong, tim asuhan Mai Duc Chung itu sebelumnya terancam batal tampil karena hanya punya empat pemain sehat.

Sebab dalam kloter pertama yang berisi enam orang, dua di antaranya dinyatakan positif COVID- 19 saat tiba di India.

Kekhawatiran Vietnam mulai muncul ketika kloter kedua yang berisi 14 pemain bertolak dari lokasi pemusatan latihan di Spanyol pada Rabu, 19 Januari. Ketika tiba di Bandara India pada Kamis, 20 Januari, mereka langsung melakukan tes dengan kekhawatiran terpapar virus corona.

Beruntungnya, hasil tes itu bisa didapat dengan cepat dan hasil menunjukkan bahwa ke-14 pemain ini dalam keadaan sehat dan negatif COVID-19. Dengan begitu, kini Vietnam memiliki 18 pemain yang siap tempur di Piala Asia 2022.

Di sisi lain, ada lagi kekhawatiran yang menghantui timnas Vietnam, yaitu soal kurangnya persiapan jelang laga perdana melawan Korea Selatan. Karena, para pemain baru berkumpul di hari kamis atau satu hari sebelum laga digelar.

Dengan situasi tersebut, kebugaran pemain langsung jadi fokus pelatih. Sebab, mereka baru menempuh perjalanan panjang dari Spanyol menuju India yang jelas menguras tenaga.

Terlepas dari keadaan itu, timnas Vietnam dihadapkan pada kenyataan bahwa mereka kini menempati grup maut Piala Asia Wanita 2022. Vietnam tergabung bersama Jepang, Korea Selatan, dan Myanmar. Usai lawan Korsel di laga perdana, mereka langsung bersiap menghadapi Jepang dan Myanmar pada laga terakhir.