COVID-19 Meningkat, Timnas Indonesia Vs Timor Leste Digelar tanpa Penonton
Tim nasional Indonesia (PSSI)

Bagikan:

JAKARTA - Timnas Indonesia dan Timor Leste akan menjalani laga uji coba dalam agenda FIFA Matchday di Bali pada 27 dan 30 Januari. Sempat beredar kabar laga itu bisa dihadiri penonton, tapi baru-baru ini didapatkan keputusan final soal gelaran laga tersebut.

Laga timnas Indonesia kontra Timor Leste akan digelar tanpa penonton. Kepastian itu didapat setelah diadakan pertemuan antara Polda Bali, PSSI, dan Satgas COVID-19 pulau Bali selaku venue digelarnya laga.

Dari pertemuan tersebut didapatkan kesimpulan bahwa kasus COVID-19 jenis Omicron di Bali tengah meningkat. Situasi itu membuat jajaran pemangku kepentingan tak mau ambil risiko jika pertandingan digelar dengan kehadiran penonton yang justru membuka potensi penularan.

“Kami (PSSI) menyadari dan memahami masalah ini. PSSI sudah berkoordinasi dengan semua pihak terkait hal tersebut (menggelar laga dengan penonton)," kata Head of Dept Suporter Development and Engagement, Budiman Dalimunthe dalam keterangan tertulis yang diterima VOI, Rabu, 26 Januari.

"Ini (keputusan tanpa penonton) langkah terbaik untuk melindungi semua pemain, ofisial, panitia pelaksana, dan suporter sendiri terhadap varian Omicron,” katanya.

Lebih lanjut, Budiman juga menambahkan saat ini seri keempat Liga 1 sedang berlangsung di Pulau Dewata. Itu sebabnya untuk melindungi semua pihak yang terlibat dalam Liga 1, pembatalan adanya penonton di laga antara Indonesia dan Timor Leste bisa dimaklumi.

“Di atas semuanya itu ada masalah keselamatan yang lebih penting. FIFA matchday penting, tetapi mentaati protokol kesehatan jauh lebih penting. Itu sebabnya prokes ketat plus tanpa penonton sebagai langkah yang tepat," sambutnya.

“Mudah-mudahan di laga FIFA matchday berikutnya bisa ada penonton. Itu pun dengan catatatn varian Omicron terus menurun,” pungkas Budiman seraya berharap keadaan membaik.