PBSI Kirim Kekuatan Terbaik Tunggal Putri ke SEA Games Hanoi 2021, Gregoria Mariska Tunjung dan Fitriani?
Ilustrasi-Unsplash

Bagikan:

JAKARTA - Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) menyambut SEA Games tahun ini dengan banyak persiapan, termasuk mengirim tim terkuat pada sektor tunggal putri.

"Kami sudah siap mengikuti seluruh nomor dan kami juga sudah mempresentasikan kekuatan kami, termasuk menurunkan tim terkuat di tunggal putri," kata Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PBSI, Rionny Mainaky saat berdiskusi dengan Komisi Sports Development dikutip dari laman NOC, Minggu, 9 Januari.

PBSI punya alasan kuat membuat keputusan tersebut. Mereka memandang multi cabang olahraga terbesar se-Asia Tenggara itu penting, meski grand design olahraga nasional tidak menyebutkan SEA Games sebagai sasaran penting.

Di SEA Games, Malaysia dan Thailand masih menjadi rival utama Indonesia di cabang bulu tangkis.

"Meskipun Olimpiade masih menjadi tujuan utama kami, kami tidak akan menganggap enteng SEA Games. Kami tidak akan mengirim tim yang lemah ke Olimpiade," katanya.

Gregoria Mariska Tunjung saat ini menjadi tunggal putri terbaik Indonesia di peringkat 26. Ia disusul Fitriani di peringkat 42, Ruselli Hartawan di peringkat 45, dan bintang muda yang sedang naik daun, Putri Kusuma Wardani, di posisi ke-72.

PBSI bakal sibuk menghadapi dua acara yang berdekatan. Selain SEA Games pada 12-23 Mei di Hanoi, ada juga Piala Thomas 2022 yang dijadwalkan berlangsung pada 17-22 Mei.

Meski demikian, Rionny mengatakan bahwa kekuatan di tunggal dan ganda putra sangat merata sehingga tidak perlu ada kekhawatiran.

"Kami menyiapkan atlet muda untuk Olimpiade. Bakat muda harus mengikuti senior mereka dan membedakan cuma pengalaman. Jadi saya tidak khawatir," ujar Rionny.