Tumbang di Partai Pembuka Semifinal Bulu Tangkis Beregu Putri SEA Games 2022, Gregoria Mariska: Karena Mental
Gregoria Mariska kalah dari tunggal Vietnam pada laga pertama semifinal bulu tangkis beregu putri SEA Games 2021. (Foto: Twitter @INABadminton)

Bagikan:

JAKARTA - Tunggal putri Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung, secara mengejutkan tumbang dari atlet Vietnam, Thuy Linh Nguyen, di partai pembuka babak semifinal bulutangkis beregu putri SEA Games 2021, Selasa, 17 Mei.

Gregoria Mariska sebenarnya sempat unggul 21-14 pada gim pertama pertandingan yang berlangsung di Bac Qiang Gymnasium tersebut. Namum, dia justru kena mental dan menyerah 17-21 dan 16-21 pada dua gim berikutnya.

Seusai laga, Gregoria Mariska mengakui dirinya tidak dalam performa terbaik hari ini. Dia juga sadar bahwa faktor utama yang mempengaruhi penampilannya kali ini adalah karena mentalitasnya yang tak siap.

"Di dalam hati sebenarnya mau sekali untuk berjuang mati-matian tapi tidak tahu kenapa malah tidak keluar. Saya akui kekalahan ini karena mental saya," kata Gregoria dalam rilis resmi PBSI usai laga.

Padahal di awal penampilan melawan Thuy Linh Nguyen, Gregoria mampu menunjukan performa yang sangat baik. Sejak poin pertama ia mampu terus menjauh dari kejaran lawan. Dia mengaku lebih bebas untuk memainkan pola permainannya tanpa khawatir pergerakan lawan.

“Di gim pertama karena ini pertemuan pertama jadi tadi lawan sepertinya membaca dulu pola saya seperti apa. Saya lebih bebas melakukan pola yang saya mau," ujar Gregoria.

Meski telah mendapat kemudahan di awal gim, Gregoria justru gagal memanfaatkan situasi baik di gim kedua. Ia justru mencoba main aman dan malah kerap kali melakukan kesalahan sendiri.

"Di gim kedua dan ketiga lawan sebenarnya hanya menunggu saya melakukan kesalahan sendiri. Di sini saya juga kurang banyak variasi pukulan," jelas Gregoria Mariska.