Timnas Sukses Kecoh Lawan Dengan Taktik Bunglon, Shin Tae-yong: Kami Sebenarnya Juga Kesulitan
Shin Tae-yong (Foto: PSSI)

Bagikan:

JAKARTA - Menghadapi Malaysia di laga pamungkas fase grup Piala AFF 2020 membuat pelatih timnas Shin Tae-yong kembali melakukan perubahan taktik demi mengecoh lawan. Usaha tersebut berhasil karena Malaysia akhirnya takluk 4-1.

Bukan hanya sukses membuat lawan terkecoh dengan taktik bunglon yang dibuatnya, Shin Tae-yong sendiri mengakui jika skema yang dirancangnya itu juga membuat timnya merasa kesulitan.

"Kalau mengubah formasi, lawan akan sulit membaca dan menganalisa. Namun, kami pun sebenarnya juga kesulitan jika selalu mengubah formasi," ucap Shin Tae-yong dalam jumpa pers virtual usai laga Indonesia vs Malaysia.

Dalam laga kontra Malaysia, Minggu, 19 Desember di Stadion Nasional Singapura, Shin Tae-yong memang kembali memasang skema empat bek setelah sebelumnya tampil dengan lima pemain di garis pertahanan pada laga melawan Vietnam.

Tak hanya itu, pelatih asal Korea Selatan ini juga mengubah komposisi pemain. Ia memilih menurunkan Ramai Rumakiek sejak awal laga dan menepikan kapten tim, Evan Dimas di bangku cadangan.

Dengan taktik itu, Shin Tae-yong ingin tim asuhannya bermain cepat dan penuh tekanan, mengingat laga Malaysia kali ini bukan cuma soal gengsi tapi juga jadi penentuan menuju babak semifinal Piala AFF 2020.

Langkah yang dipilih Shin Tae-yong berbuah manis. Kendati sempat kecolongan, timnas mampu comeback. Tak tanggung-tanggung, empat gol disarangkan skuat Garuda lewat brace Irfan Jaya, Pratama Arhan dan Elkan Baggott.

Soal skema yang dimainkan, Shin Tae-yong kemudian menjelaskan hal itu bersifat temporer. Pasalnya, sang juru taktik akan mengubahnya sesuai dengan calon lawan yang akan dihadapi.

"Selalu ada patokan untuk formasi. Saya tinggal mengubah sedikit-sedikit, tergantung kelemahan pemain kami dan siapa lawannya," bebernya.

Terlepas dari pengakuan Shin Tae-yong soal taktik yang digunakan, kemenangan atas Malaysia di laga pamungkas fase Grup B ini membuat Indonesia menjadi juara grup. Dengan begitu, Evan Dimnas dkk juga sukses memastikan satu tempat di babak semifinal Piala AFF 2020 untuk menghadapi tuan rumah, Singapura.