Hanya Mampu Bobol Gawang Vietnam Satu Kali, Shin Tae-yong: Waktu Persiapan Timnas Indonesia Mepet
Shin Tae-yong mengapresiasi kemenangan Timnas Indonesia vs Vietnam (dok. PSSI).

Bagikan:

JAKARTA - Timnas Indonesia berhasil menang 1-0 saat melawan Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). Shin Tae-yong selaku pelatih mengungkapkan penyebab utama anak asuhnya hanya mampu cetak satu gol.

Timnas Indonesia dan Vietnam bertemu di agenda putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Pada laga yang digelar Kamis, 21 Maret 2024, gol tunggal diciptakan Egy Maulana Vikri.

Walaupun berhasil meraih kemenangan, performa Timnas Indonesia dianggap sedikit menurun ketimbang saat bertemu Vietnam di Piala Asia 2023. Hal itu terlihat dari penampilan Skuad Garuda pada babak pertama yang kesulitan mengembangkan permainan.

Kondisi tersebut nyatanya tak dibantah Shin Tae-yong. Selepas laga, sang pelatih mengungkap penyebab utama pasukannya tampil kurang menggigit.

Arsitek asal Korea Selatan itu menyebut waktu persiapan singkat menjadi kendala. Apalagi, komposisi skuad racikannya saat ini dihuni beberapa nama pemain naturalisasi anyar.

Dia juga sempat membandingan persiapan ketika mereka bisa menang melawan Vietnam di Piala Asia 2023.

"Untuk (performa) Piala Asia 2023, memang kmai sudah latihan 20 hari di Turki sehingga bisa tampil bagus," kata sang pelatih usai laga.

"Namun, kali ini ada (pemain) dari Eropa dan lokal. Kami baru kumpul tiga hari dan langsung main. Jadi, untuk penerapan taktik perlu waktu dan memang kurang waktu untuk Timnas Indonesia," ujar Shin Tae-yong.

Shin Tae-yong tak menutup mata dengan performa tim yang kurang maksimal. Meski begitu, dia tetap mengapresiasi anak asuhnya dan menyebut para pemain berhasil menunjukkan yang terbaik dalam pertandingan kali ini.

"Saya sangat senang karena kita bisa menang lawan Vietnam. Sangat bangga juga kepada para pemain sudah bekerja keras," ujar Shin Tae-yong.

Selanjutnya, Timnas Indonesia akan bergantian bertandang ke markas Vietnam, Stadion My Dinh, Hanoi. Laga itu akan digelar pada Selasa, 26 Maret 2024, pukul 19.00 WIB.