Libas Malaysia 4-1, Timnas Indonesia Lolos ke Semifinal Piala AFF 2020
TImnas Indonesia dalam laga melawan Malaysia/FOTO PSSI

Bagikan:

JAKARTA - Timnas Indonesia memastikan diri lolos ke babak semifinal Piala AFF 2020. Hasil itu didapat setelah Skuad Garuda sukses mengalahkan Malaysia dengan skor 4-1 di laga pamungkas.

Tampil di Stadion Nasional Singapura menghadapi Malaysia, timnas percaya diri karena datang dengan skuat yang mumpuni. Catatan apik sebagai jawara Grup B juga membuat Skuat Garuda makin terbakar semangat menang. 

Sejak menit awal, pasukan Evan Dimas dkk berupaya tampil menekan lawan demi membuka peluang lebih dulu. Meski sudah menunjukkan kerapatan pertahanan tapi gawang Nadeo justru lebih dulu di bobol lawan. 

Dalam laga kali ini, Malaysia lebih dulu membuka keunggulan. Lewat sepakan Kogileswaran Raj di menit ke-13, Harimau Malaya sukses membuka keunggulan 1-0.

Meski begitu, timnas tak lantas menyerah dengan keunggulan Malaysia yang lebih dulu membuka angka. Tim asuhan Shin Tae-Yong justru berupaya tampil lebih gahar usai kebobolan. 

Benar saja, memasuki menit- menit akhir turun minum, Irfan Jaya berhasil melesatkan tembakan ke gawang Malaysia yang sekaligus menjadi penyama kedudukan 1-1. Gol tersebut dibuat Irfan Jaya di menit ke-36 usai memanfaatkan assist dari Witan Sulaeman.

Tak berselang lama Irfan Jaya lagi-lagi mengamuk menggetarkan jala gawang milik lawan. Kali ini skor berubah unggul untu Indonesia menjadi 2-1 lewat gol kedua Irfan Jaya di menit 43.

Tertinggal dari Indonesia, Malaysia mulai kelimpungan. Mereka berusaha mengejar ketertinggalan demi bisa amankan tiket ke babak semifinal.

Namun sayang bukannya bisa mengejar angka, Malaysia malah kembali tertinggal. Indonesia semakin menunjukan taringnya di menit tambahan jelang turun minum. Kali ini skor bertambah jadi 3-1 lewat tembakan Pratama Arhan di menit 50 yang sekaligus menjadi skor akhir di babak pertama.

Usai jeda, Malaysia tak patah arah mengejar jarak yang makin jauh. Di momen ini ada sejumlah peluang yang tercipta tapi tak bisa diselesaikan dengan baik oleh Malaysia.

Di pertengahan babak kedua, timnas yang sudah unggul jauh malah makin tampil menekan. Lewat sundulan Elkan Baggott di menit 80 yang terus bertahan hingga akhir laga, timnas unggul 4-1.

Kemenangan tersebut langsung membuat tim asuhan Shin Tae-Yong mengamankan satu posisi di babak semifinal Piala AFF 2020. Sang pelatih turut bangga dengan kerja keras anak asuhnya di partai penuh gengsi ini.

"Kerja keras dan banyaknya gol yang dibuat di laga ini membawa kami ke semifinal. Sangat senang dan selamat untuk pemain dengan hasil yang membanggakan ini," kata Shin Tae-Yong usai laga.

Selain membuka jalan ke semifinal Piala AFF 2020, kemenangan ini otomatis membuat timnad menjadi juara Grup B Piala AFF 2020 karena di laga lainnya Vietnam hanya mampu menang 4-0 atas Kamboja. Meski sama-sama mengoleksi 10 poin, Timnas Indonesia unggul dalam hal produktivitas gol.

Selanjutnya, timnas Indonesia akan berjumpa Singapura di semifinal Piala AFF 2020. Sementara Vietnam akan menantang Thailand untuk bisa melaju ke partai puncak kompetisi sepakbola terbesar di Asia Tenggara tersebut.