Bertemu di Final, Ini Perjalanan Panjang Indonesia dan Thailand di Piala AFF 2020
Twitter.com/@pssi

Bagikan:

JAKARTA - Babak semifinal Piala AFF 2020 telah rampung dimainkan. Tim nasional Indonesia dan Thailand yang keluar sebagai pemenang akan bertemu di babak final memperebutkan gelar juara sejati.

Skuat Garuda yang masuk dalam Grup B mulanya diragukan untuk bisa tampil trengginas. Terlebih grup ini dijuluki 'grup neraka' lantaran berisi negara kuat seperti Vietnam, Laos, Kamboja dan Malaysia.

Namun, asumsi tersebut sukses dipatahkan Evan Dimas dkk lewat pencapaian mereka yang lolos ke babak semifinal setelah sebelumnya sukses jadi juara Grup B.

Untuk bisa merebut status jawara Grup B, timnas juga mesti melalui perjalanan panjang yang tak mudah. Dengan lawan yang terbilang kuat, di bawah asuhan Shin Tae-yong tim Merah Putih sukses mencatatkan banyak kemenangan.

Dalam laga perdana di fase grup B melawan Kamboja, timnas berhasil menorehkan kemenangan dengan skor 4-2 di Stadion Bishan, Singapura pada 9 Desember. Kemenangan ini menjadi modal apik bagi timnas untuk tampil lebih percaya diri di laga selanjutnya.

Hasil positif laga perdana kemudian benar berlanjut, saat lawan Laos pada 12 Desember timnas malah tampil lebih ganas. Anak asuh Shin Tae-yong ini mampu membenamkan Laos dengan skor telak 5-1.

Di pertemuan ketiga dengan Vietnam, timnas Indonesia lagi-lagi mampu menunjukan kekuatan dengan menahan jawara bertahan itu saat main imbang 0-0. Meski sudah menunjukan kekuatan di tiga laga awal, ujian timnas belum benar-benar usai.

Pasalnya di laga pamungkas sekaligus laga penentu, timnas justru menghadapi rival abadi yaitu timnas Malaysia. Dalam duel ini, bukan cuma tiket semifinal yang diperebutkan tapi juga harga diri.

Bermain dengan tensi super tinggi, timas kembali membuktikan bahwa mereka pantas jadi pemenang. Sebab di laga pamungkas ini Malaysia tunduk 4-1 dan otomatis membuat Indonesia menjadi juara Grup B.

Dengan status juara Grup B, timnas melanju ke babak semifinal menghadapi tuan rumah, Singapura yang menjadi runner-up Grup A. Dalam babak semifinal Piala AFF 2020, pertandingan sendiri mengusung sistem dua leg.

Hal itu lagi-lagi tak menyurutkan semangat juang Evan Dimas dkk. Pada semifinal leg pertama, Indonesia dan Singapura bermain imbang 1-1.  Sementara pada leg kedua kedua, pertandingan berjalan lebih alot dan menegangkan.

Kedua tim bermain imbang 2-2 dalam waktu normal, hasil itu membuat wasit melanjutkan laga ke masa extra time di mana timnas berhasil memenangkan laga ini dengan skor 4-2.  Skuat Garuda lolos ke final dengan kemenangan agregat 5-3.

Dalam babak final nanti, Indonesia sudah ditunggu Thailand yang sukses menumbangkan Vietnam di semifinal. Sama-sama main dua leg, Thailand unggul di leg pertama dengan skor 2-0 dan imbang 0-0 di leg kedua.

Untuk bisa melaju ke semifinal dan menundukkan Vietnam, Thailand lebih dulu berjuang keras di fase grup. Tergabung dalam Grup A, Tim Gajah Perang berhasil mengalahkan Timor Leste 2-0, Myanmar 4-0, Filipina 2-1 dan Singapura 2-0.

Pemain Vietnam Phan Van Duc (kiri) berebut bola dengan pemain Thailand Chanathip Songkrasin di laga leg kedua semifinal Piala Suzuki AFF 2020 (Foto: Antara) 

Terlepas dari perjuangan keras Indonesia dan Thailand untuk sampai di titik ini, pertarungan belum benar-benar berakhir. Kedua tim masih harus menghadapi final yang juga di gelar dalam dua leg pada 29 Desember dan 1 Januari mendatang di Singapura.