Bagikan:

JAKARTA - Timnas Indonesia sudah dinanti agenda putaran kedua Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Irak dan Filipina. Skuad Garuda bakal dikumpulkan Shin Tae-yong pada akhir Mei 2024 untuk persiapan.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Badan Tim Nasional (BTN), Sumardji. Ia menyampaikan bahwa tenggat waktu yang ditentukan itu sudah berdasarkan hasil diskusi dengan Shin Tae-yong termasuk mempertimbangkan soal kehadiran para pemain abroad.

"Saya sudah diskusi dengan coach Shin Tae-yong. Saya tanya tentang rencana pemanggilan pemain yang akan dipakai untuk Timnas Indonesia (di Kualifikasi Piala Dunia 2026)," kata Sumardji dalam keterangan dikutip pada Senin, 13 Mei 2024.

"Insyaallah, nanti (para pemain) akan kumpul tanggal 27 (Mei) 2024 malam di Jakarta secara keseluruhan. Harapannya juga yang pemain-pemain naturalisasi bisa kumpul sama-sama, ya, paling lama tanggal 28 Mei 2024," tuturnya lagi.

Sumardji menyadari bahwa tenggat waktu pemanggilan pemain memang cukup mepet dengan agenda kompetisi. Namun, ia berharap hal ini bisa tetap dimanfaatkan secara optimal untuk membangun kembali chemistry antarpemain.

"Waktu yang ada itu akan kami pakai untuk menggelar TC agar (pemain) akrab kembali. Tentu tujuannya untuk membangun chemistry karena ini lebih penting kaitannya dengan chemistry," ujar Sumardji.

Timnas Indonesia akan melanjutkan perjuangan di Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada 6 Juni 2024 menghadapi Irak. Lima hari berselang, Skuad Garuda juga akan menantang Filipina.

Kedua laga itu bakal digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta.

Timnas Indonesia hanya butuh satu kemenangan untuk melaju ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 sekaligus otomatis lolos Piala Asia 2027.

Skuad Garuda saat ini duduk di posisi kedua dengan koleksi tujuh poin, unggul empat poin atas Vietnam yang berada di urutan ketiga dan terpaut lima angka dari Irak di puncak klasemen dan sudah memastikan diri lolos.