Rekor Liga Champions Real Madrid Tanpa Ramos Memprihatinkan
Sergio Ramos (Instagram @sergioramos)

Bagikan:

JAKARTA - Sergio Ramos tidak akan bermain dalam pertandingan leg kedua babak 16 besar Liga Champions saat Real Madrid menghadapi Manchester City. Kapten Los Blancos itu harus menjalani skorsing.

Ramos menerima kartu merah karena menjatuhkan Gabriel Jesus di leg pertama di Estadio Santiago Bernabeu. Saat itu, tim asuhan Pep Guardiola menang 2-1. 

Tidak seorang pun yang perlu menjelaskan apa arti Ramos bagi Los Blancos, terlebih lagi dalam pertandingan seperti yang terjadi di Stadion Etihad, di mana ia sering kali akan menghasilkan gol vital atau menginspirasi rekan timnya meraih kemenangan. 

Rekor Real Madrid baru-baru ini tanpa bek 34 tahun di Liga Champions terbukti memprihatinkan. Dari enam pertandingan terakhir Los Blancos tanpa Ramos di kompetisi utama Eropa, mereka menderita lima kali kekalahan dan hanya menang satu kali. 

Kemenangan itu datang dalam hasil 3-1 di Club Brugge pada babak penyisihan grup musim ini. Namun pertandingan itu tidak terlalu penting mengingat tim Zinedine Zidane telah lolos ke babak gugur.

Siklus yang mengganggu ini dimulai di babak perempat final pada musim 2017/18, ketika Ramos tidak bermain di leg kedua melawan Juventus. Setelah Real Madrid mengalahkan Bianconeri 3-0 di Turin, di atas kertas seharusnya mereka cukup nyaman, tetapi Los Blancos tertinggal 0-3 hingga masa injury time sehingga agregat menjadi sama kuat 3-3.

Hanya tendangan penalti Ronaldo pada menit akhir yang membuat Real Madrid lolos ke semifinal tanpa waktu tambahan.

Musim 2018/19 adalah bencana bagi Ramos dan Real Madrid dalam segala hal. Julien Lopetegui memilih untuk melakukan perjalanan untuk menghadapi CSKA Moskow di babak penyisihan grup tanpa kaptennya, yang diistirahatkan. Hasilnya, klub Rusia menang 1-0. 

Ketika CSKA datang ke Madrid, jabatan pelatih kepala sudah beralih kepada Santiago Solari. Namun, Solari mengadopsi metode Lopetegui dengan mengistirahatkan Ramos. Hasilnya, Los Merengues lagi-lagi kalah, kali ini 0-3.

Namun ini belum seberapa buruk. Setelah mengalahkan Ajax 2-1 di Amsterdam pada pertandingan pertama babak 16 besar, Ramos memutuskan untuk mendapatkan kartu kuning agar tidak bermain pada leg kedua tetapi bisa tersedia untuk perempat final. 

Kesalahannya adalah, saat di mixed zone Ramos mengakui dirinya sengaja mendapatkan kartu kuning. Alhasil, Ramos diganjar hukuman tambahan larangan satu pertandingan yang berarti ia tidak akan kembali sampai leg kedua pertandingan perempat final jika Madrid lolos.

Leg kedua melawan Ajax berakhir dengan kemenangan raksasa Belanda dengan skor telak 4-1. Sementara Ramos hanya menyaksikan rekan-rekannya menderita dari bangku penonton.

Dengan tereliminasinya Madrid, larangan bermain itu otomatis dibawa ke musim ini. Pemain No. 4 itu melewatkan pertandingan pembuka Liga Champions melawan Paris Saint-Germain di Parc des Princes. Tanpa sang kapten, tim Zidane kalah 0-3 dari tim PSG yang tidak diperkuat Kylian Mbappe dan Neymar. 

Sejak bergabung dengan Real Madrid, Ramos absen dalam 30 pertandingan Liga Champions karena cedera, skorsing atau keputusan teknis pelatih. Rekor Los Blancos selama itu adalah 19 kemenangan, tiga imbang dan delapan kekalahan. 

Masalahnya adalah, 62,5 persen dari kekalahan itu datang dalam enam pertandingan terakhir tanpa Ramos di lapangan.