Bagikan:

JAKARTA - Sebuah laporan menunjukkan bahwa satu dari setiap 78 lagu yang diputar di AS tahun lalu adalah lagu Taylor Swift.

Penemuan terbaru tentang kebiasaan mendengarkan di seluruh AS tahun lalu dibagikan oleh penyedia data Luminate, yang baru-baru ini meluncurkan ringkasan tahun 2023.

Seperti dilaporkan dalam temuan tersebut, Swift terus mendominasi konsumsi musik masyarakat yang tinggal di Amerika Serikat – di mana musiknya menyumbang 1,79 persen dari streaming on-demand, menurut Pitchfork.

Pada data lainnya, genre termasuk Afrobeat, K-pop, dan musik Latin terdaftar sebagai genre dengan pertumbuhan tercepat di Amerika, masing-masing meningkat lebih dari seperlima, dan musik regional Meksiko memiliki ekspansi tercepat dibandingkan subkategori mana pun.

Hal ini terjadi karena terjadi lonjakan pertumbuhan sebesar 60 persen dibandingkan tahun 2022, yang sebagian besar didorong oleh pendengar di kawasan West Coast dan Southwest.

Hip-hop tetap menjadi genre streaming terbesar di Amerika, namun streaming yang dikategorikan sebagai 'R&B/hip-hop terkini' turun sebesar 7 persen, dan streaming katalog tumbuh sebesar 11 persen.

Mengenai temuan dalam skala global, laporan Luminate menunjukkan bahwa streaming musik berbahasa Inggris menghadapi penurunan besar pada 2023, yakni sebesar 10 persen secara global.

Selain itu, jumlah streaming audio dan video di seluruh dunia meningkat sepertiganya; melewati angka empat triliun untuk pertama kalinya.

Meskipun rata-rata pembelanjaan untuk streaming musik meningkat di Amerika, secara keseluruhan, pendengar Gen Z dilaporkan pembelanjaan 10 persen lebih sedikit per bulan dibandingkan tahun sebelumnya.

Temuan Luminate ini mengikuti temuan yang diterbitkan oleh British Phonographic Institute (BPI) awal bulan ini, yang mengungkapkan lagu dan album paling populer di Inggris selama 12 bulan terakhir.

Berdasarkan hasil BPI, musisi perempuan terbukti mendominasi album dan single terlaris selama 12 bulan terakhir, namun ada kekhawatiran yang muncul mengenai bakat-bakat baru yang akan semakin sulit muncul di tangga lagu.

Sedangkan untuk album, The Guardian melaporkan bahwa 12 bulan terakhir menandai tahun kesembilan pertumbuhan industri musik Inggris, dengan penjualan dan streaming meningkat sebesar 10 persen (setara dengan 182,8 juta album) dan streaming mencapai rekor tertinggi dengan 179,6 miliar selama setahun. Angka ini naik 12,8 persen dibandingkan tahun 2022 dan hampir dua kali lipat dibandingkan tahun 2018.