Seniman Endah Laras Impikan Lahirnya Talenta Muda Berbudaya
Endah Laras (Foto: Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Penyanyi seniman musik keroncong Endah Laras memimpikan semakin banyak ruang bagi anak-anak muda untuk belajar dan berkreasi membangun budaya khas Nusantara lewat beragam kesenian.

"Semakin banyak gedung pertunjukan bisa menjadi solusi bagi seniman dan karyanya untuk membangun budaya, juga memberikan ruang anak-anak muda berkreasi muda. Hal itu pasti akan menumbuhkan minat bakat untuk anak muda. Kita harus menancapkan sejarah baru untuk generasi berikutnya," kata Endah usai tampil dalam peresmian pusat seni budaya Radjawali Semarang Cultural Center (SCC), Senin kemarin.

Endah menjelaskan bahwa hadirnya pusat seni dan budaya yang baru dan beragam akan menampung bakat-bakat kreatif generasi masa depan sehingga harus ada pihak-pihak yang berani membuat terobosan.

"Saya mengenal pusat seni budaya Radjawali sejak pandemi karena mereka sukarela memberikan ruang dan kesempatan, memfasilitasi semua seniman untuk tampil. Bagi saya itu adalah secercah harapan saat terpuruk, jadi seperti ada energi baru," paparnya.

Sebagai seniman panggung, Endah berpandangan bahwa terdapat perbedaan mendasar dari tempat pertunjukan seni di luar ruangan dan dalam ruangan.

Tempat pertunjukan di luar ruangan, kata Endah, selain mengedepankan kualitas suara yang baik, juga memiliki tuntutan lebih terhadap hal-hal non-teknis seperti mampu membangun atmosfer yang menghibur lengkap dengan hiruk-pikuk pendukungnya.

"Kalau dalam ruangan memang agak susah karena akustik dari ruangan itu harus dapat dulu, supaya apa yang tersampaikan itu bisa jelas. Bagi saya, audio adalah nomor satu. Mau sebagus apapun suara atau bakat si penyanyi, kalau kualitas sistem suaranya tidak bagus ya 'mati' semua," jelasnya.

Penyanyi yang khas dengan tampilan kebaya itu juga memiliki harapan akan hadirnya semakin banyak gedung pertunjukan yang mengedepankan standar dan kualitas tinggi.

"Akustik di Radjawali ini bagus, lighting-nya juga keren, semua sudah sempurna. Harapan saya tempat ini selalu dijaga dan dirawat. Saya yakin dengan berjalan waktu akan semakin bagus, bisa menjadi pionir gedung pertunjukan terbaik di Jawa Tengah. Mudah-mudahan bisa memberikan dampak yang besar untuk lingkungan sekitar," tutup Endah.