Gandeng Isyana Sarasvati, Pagelaran Sabang Merauke Siap Digelar Kembali
Syukuran Pagelaran Sabang Merauke (ist)

Bagikan:

JAKARTA – Pertunjukan seni dan budaya bertajuk Pagelaran Sabang Merauke direncanakan bakal kembali digelar tahun 2023 ini. Jelang hal tersebut, acara syukuran bersama ratusan seniman pertunjukan telah digelar di Yogyakarta. Kegiatan ini menjadi awal pembuka dalam rangka mempersiapkan pertunjukan kolosal tersebut.

Berkaca dari beberapa kali penyelenggaraan pagelaran sebelumnya, juga antusiasme masyarakat yang demikian besar, iForte berkomitmen untuk kembali menggelar Pagelaran Sabang Merauke pada tahun ini untuk terus memberikan ruang serta dukungan terhadap dunia pertunjukan seni dan budaya Indonesia. Pagelaran Sabang Merauke dinilai sebagai sebuah pertunjukan yang mampu memperlihatkan harmonisasi seni dan budaya dari seluruh Indonesia serta menjadi inspirasi bagi generasi muda.

Pagelaran Sabang Merauke dengan live performance, menggabungkan berbagai seni musik dari lagu daerah dan lagu nasional, tarian tradisional dan modern, busana khas daerah dan etnik Indonesia, akan mampu menarik perhatian masyarakat, khususnya generasi muda untuk semakin mencintai berbagai budaya warisan leluhur bangsa indonesia.

"Pagelaran Sabang Merauke bukan sekadar pertunjukan seni dan budaya, namun di dalamnya juga mengusung semangat persatuan yang akan selalu relevan bagi kita sebagai bangsa Indonesia, khususnya untuk generasi muda Indonesia. Oleh karena itu kami berkomitken untuk terus menyelenggarakan Pagelaran Sabang Merauke sebagai sarana pengenalan berbagai budaya Tanah Air kepada generasi muda," ujar CEO & Presiden Direktur iForte dan Protelindo Group, Ferdinandus Aming Santoso

Berbeda dari penyelenggaraan tahun lalu, Wakil Presiden Direktur iForte, Silvi Liswanda mengatakan, Pagelaran Sabang Merauke tahun ini akan lebih megah dan spektakuler karena melibatkan lebih dari 300 seniman Indonesia. Berbagai tarian tradisional dan modern yang dipertunjukkan secara kolosal akan mengiringi 31 lagu daerah dan nasional, yang akan dipersembahkan oleh musisi ternama Tanah Air, antara lain Isyana Sarasvati, Cantika Abigail, Swain Mahisa, Alsant Nababan, Taufan Purbo, Mirabeth Sonia, Christine Tambunan, Nino Prabowo, Yuyun Arfah, Gabriel Harvianto, Batavia Madrigal Singers, dan Jakarta Concert Orchestra yang dipimpin oleh Avip Priatna, musisi Dian HP, Ammir Gita, Meidy Ratnasari, Kiki Dunung, budayawan senior Butet Kertaradjasa, seniman tari Mugiyono Kasido, Gunk Mas, Abib Igal, Okvalica, ventriloquist Kak Tony serta MC Indra Bekti dan Endah Laras. Rencananya Pagelaran Sabang Merauke tahun ini akan diselenggarakan di JIEXPO Theater Kemayoran pada 19-20 Agustus mendatang dengan total 4 kali show.

“Pagelaran Sabang Merauke akan tetap mempertahankan konsepnya sebagai pertunjukan kolosal seni dan budaya Indonesia. Jika pada gelaran tahun lalu temanya adalah Ibu Pertiwi, maka di tahun ini temanya adalah Pahlawan Nusantara. Para designer tekemuka di Indonesia seperti Ivan Gunawan, Era Soekamto, Danny Satriadi, Denny Wirawan, Ghea Panggabean, Taufik Bachtiar, Iwan Tirta, akan menghadirkan karyanya dalam peragaan busana etnik Indonesia, yang nantinya akan diperagakan oleh Miss Mega Bintang 2023 serta Miss Grand Indonesia Ritassya Wellgreat. Sehingga nantinya diharapkan dapat menimbulkan kebanggaan yang lebih besar terhadap budaya bangsa kita serta bermanfaat untuk kehidupan bangsa yang lebih harmonis,” tuturnya.

Dalam acara syukuran tersebut, hadir pula Sutradara Pagelaran Sabang Merauke Rusmedi Agus, Koregorafer Pagelaran Sabang Merauke Sandhidea Cahyo Narpati, para penyanyi yang akan tampil di Pagelaran Sabang Meruake seperti Swain Mahisa, Alsant Nababan, Taufan Purbo, Mirabeth Sonia, Christine Tambunan, Nino Prabowo, Yuyun Arfah, desainer Era Soekamto, Taufik Bachtiar, Linda Griya Ageman, Anggoro Kancil, MC Endah Laras dan stage expert Iskandar Loedin serta ratusan seniman tari dan musik.

Dalam kesempatan terpisah, pelantun lagu Tetap Dalam Jiwa Isyana Sarasvati mengaku antusias dalam pesiapan menuju hari H pagelaran. “Tentu senang dan bangga sekali bisa terlibat dalam Pagelaran Sabang Merauke. Saya pribadi jadi semakin mengenal lebih banyak lagi kekayaan seni dan budaya Indonesia yang luar biasa. Bersama teman-teman seniman lainnya tentu saya ingin memberikan penampilan yang terbaik dalam Pagelaran Sabang Merauke nanti,” tandas Isyana Sarasvati.