Bagikan:

JAKARTA - Pertunjukan teatrikal dengan tajuk “Pagelaran Sabang Merauke” The Indonesian Broadway kembali digelar untuk kelima kalinya di JIExpo Convention Center & Theater, Kemayoran,Jakarta Pusat pada 17 dan 18 Agustus mendatang.

Lebih dari 650 seniman musik, tari dan tim keproduksian akan ambil bagian untuk pertunjukan bertema “Pahlawan Nusantara”. Acara ini ditujukan untuk mengapresiasi kekayaan seni budaya Indonesia.

Adapun, beberapa penyanyi yang ikut ambil bagian dalam pertunjukan ini antara lain Yura Yunita, Yan Yosua, Alicia Hartono, Isyana Sarasvati, Mirabeth Sonia, Nino Prabowo, Alsant Nababan, Taufan Purbo, Christine Tambunan, Yuyun Arfah, Gabriel Harvianto, dan Swain Mahisa.

“Pagelaran Sabang Merauke adalah acara yang sejak tahun lalu aku ingin untuk terlibat, aku sangat terinspirasi dan berharap suatu hari bisa menjadi bagian dari acara yang luar biasa ini,” kata Yura Yunita yang baru ikut untuk pertama kali.

“Jadi, ketika kesempatan itu akhirnya datang, aku sangat antusias. Dalam pagelaran ini, diantaranya aku akan berperan sebagai biduan Sunda yang menghibur para penonton, serta sebagai Putri Papua. Semua peran yang aku mainkan sangat berarti karena aku bisa membawa unsur tradisional dari berbagai budaya yang berbeda ke atas panggung,” lanjut Yura.

Serupa dengan Yura Yunita, penyanyi lain juga akan menampilkan kekayaan budaya Indonesia dari berbagai daerah.

Dian HP selaku penata musik menyebut sajian musik kali ini akan berbeda dari tahun lalu. Kekuatan tradisi menjadi unsur utama untuk ditampilkan, yang mana inovasi akan menjadi unsur yang coba untuk digabungkan.

“Kami mengikuti arahan sutradara dan perkembangan budaya saat ini. Tahun ini, kami tetap mengedepankan tradisi yang kuat namun tetap relevan bagi generasi muda dengan mengintegrasikan elemen musik modern seperti EDM dan rap. Musik Pagelaran Sabang Merauke tahun ini menggabungkan rasa tradisional dan modern, menciptakan harmoni antara keduanya. Dengan demikian, penonton dapat merasakan kekayaan budaya tradisional Indonesia sekaligus menikmati sentuhan modern yang menyegarkan,” tutur Dian HP.

Senada dengan itu, Avip Priatna selaku konduktor Jakarta Concert Orchestra yang juga ikut terlibat menyatakan bahwa komposisi musik dari sisi orkestra akan memiliki peran yang penting seirama dengan alat musik tradisional. Nuansa yang lebih kaya, megah dan kolosal menjadi tujuan dari kolaborasi unsur tradisi dan modern itu.

Sementara itu, Ferdinandus Aming Santoso, CEO & President Director iForte & Protelindo Group selaku penyelenggara mengatakan bahwa “Pagelaran Sabang Merauke” ini merupakan bagian dari upaya mewariskan kekayaan budaya Indonesia.

“Pagelaran ini merupakan ungkapan terima kasih kami kepada masyarakat Indonesia dari Sabang hingga Merauke, sejalan dengan jaringan infrastruktur iForte yang meluas,” kata Ferdinandus.

“Ini juga sebagai upaya kami untuk melestarikan seni budaya Indonesia, menyampaikan sejarah, dan mewariskan kekayaan budaya agar menginspirasi diri generasi muda Indonesia,” lanjutnya.

Selain seniman musik yang sudah disebut di atas, gelaran ini juga melibatkan Sandhidea Cahyo selaku Lead Koreografer Pagelaran Sabang Merauke. Dia menceritakan bagaimana proses kreatif yang ada dan apa saja yang akan ditampilkan.

“Bersama dengan delapan koreografer lainnya, kami menyajikan rangkaian tarian tradisional dari berbagai daerah, yang dikombinasikan dengan elemen kontemporer sehingga masih relevan dengan selera penonton masa kini. Uniknya, tahun ini kami menyelipkan tarian kontemporer non-tradisional seperti Street Dance untuk menciptakan variasi dan dinamika dalam pertunjukan,” tutur Sandhidea.

“Ini menunjukkan bahwa budaya tradisional bisa dikombinasikan dengan budaya modern tanpa kehilangan esensi sejarahnya, menjembatani warisan budaya dengan ekspresi seni modern. Kami menjaga tradisi sambil memberi ruang bagi inovasi, memberikan pengalaman berkesan dan menginspirasi generasi muda dalam mencintai serta melestarikan budaya Indonesia,” imbuhnya.

Adapun, tiket “Pagelaran Sabang Merauke” The Indonesian Broadway 2024 mulai dijual pada tanggal 11 Juli 2024 melalui tiket.com. Tiket tersedia dalam beberapa kategori, yaitu Diamond, Platinum, Gold dan Silver.