Rekomendasi Tontonan Seru Akhir Pekan Ini: Pagelaran Sabang Merauke Premiere With Live Performance
Pagelaran Sabang-Merauke iForte (Foto: Ist)

Bagikan:

JAKARTA - Cari tempat asyik untuk menghabiskan akhir pekan bersama keluarga? Coba mampir ke Pagelaran Sabang Merauke Premiere With Live Performance di Djakarta Theater, Jakarta Pusat. Pementasan yang akan melibatkan ratusan seniman ternama Tanah Air ini diselenggarakan selama tiga hari, pada 3 – 5 Juni 2022.

Pementasan Pagelaran Sabang Merauke - Premiere With Live Performance di Djakarta Theater sesungguhnya merupakan rangkaian dan kelanjutan acara dari serupa yang lebih dulu diselenggarakan di Pelataran Candi Prambanan, Yogyakarta, tanggal 26 Maret 2022. Saat itu, Pagelaran Sabang – Merauke sukses memukau audiens yang hadir lewat pertunjukan berbagai elemen kesenian daerah yang tersaji secara apik di panggung dengan latar Candi Prambanan yang spektakuler.

Mengusung konsep yang sama namun dengan penyesuaian dan sentuhan baru, pementasan Pagelaran Sabang Merauke - Premiere With Live Performance kembali menyajikan 21 lagu daerah dan satu lagu nasional yang dirangkai secara harmonis. Untuk mewujudkan itu, pementasan akan melibatkan lima penyanyi nasional, 46 musisi tradisional dan modern, serta 135 penari profesional.

Sebelum pertunjukkan dimulai, para penonton akan disambut prosesi Palang Pintu khas suku Betawi yang merupakan simbolisasi Jakarta sebagai tuan rumah. Dengan durasi penayangan selama 1 jam, penonton akan menikmati kekayaan budaya Indonesia yang diwujudkan dalam lagu, busana, dan tarian.

Solois Kikan Namara memetik banyak pelajaran saat mengambil peran sebagai penyanyi utama dan music director dalam pagelaran ini. "Awalnya sempat ragu, tapi pagelaran ini ditujukan untuk merayakan keberagaman yang ada di Indonesia. Sangat penting untuk anak-anak tahu bahwa Indonesia itu punya budaya yang indah," katanya usai penampilan preview untuk media, Kamis, 2 Juni.

“Pagelaran Sabang – Merauke ini memiliki konsep yang sangat unik dan berbeda dari yang pernah aku jalani dalam seni pertunjukan. Kami berupaya menampilkan berbagai elemen kesenian dari seluruh Indonesia sebagai satu kesatuan yang tidak hanya menghibur, namun juga kami harapkan dapat menimbulkan rasa bangga terhadap budaya bangsa,” imbuh mantan vokalis band Cokelat ini.

Selain penampilan di pagelaran, kita juga bisa meilhat festival UKM pilihan yang digelar di halaman teater untuk membangkitkan semangat kebanggaan terhadap produk anak bangsa. Festival UKM ini melibatkan berbagai UKM #banggalokal binaan BCA serta UKM yang mewakili program iFortepreneur, program Digital Business Plan Competititon untuk UKM dari iForte.

Tidak hanya bisa dinikmati secara live di Djakarta Theater, Pagelaran Sabang - Merauke juga bisa disaksikan melalui akun Youtube iForte Solusi Infotek mulai Senin, 6 Juni 2022 mendatang.