Aura Kasih Bagikan Tips Hadapi Kecemasan Berlebih
Aura Kasih, membagikan cara mengatasi kecemasan berlebihan untuk Gen Z. (Instagram/@aurakasih)

Bagikan:

JAKARTA - Aura Kasih sempat menghadapi anxiety disorder atau gangguan kecemasan berlebih beberapa waktu lalu. Saat ini, meski sudah jauh membaik, finalis Miss Indonesia itu mengaku masih terus memperjuangkan kesehatan mentalnya.

Saat ini, Aura mengatakan dirinya menjalani banyak hal positif agar penyakitnya tidak kambuh. Hal tersebut dilakukan untuk menghindarkan dirinya dari hal negatif yang dapat merusak kesehatan mental.

“Untuk mental health aku mencoba mensiasati aja. Ya seleksi input-nya harus banyak. Aku baca buku, banyak kegiatan kayak melukis juga. Aku lagi suka melukis sama meditasi agar anxiety-nya tidak kambuh,” ujar Aura Kasih di Tendean, Jakarta Selatan pekan ini.

Artis berusia 35 tahun itu pun mengingatkan anak-anak muda Generasi Z yang rentan akan anxiety disorder untuk lebih memperhatikan penggunaan sosial media. Ia menilai banyak hal negatif di sosial media yang bisa merusak kesehatan mental.

Anxiety disorder itu isu anak Gen Z, lebih ke mental health. Karena penting jaga asupan dari sosmed, jadi harus filter, nggak semua harus kita cerna, harus disaring,” kata Aura.

“Sebenarnya dari segi spiritual dan edukasi penting. Aku pribadi lebih ke spiritual aja, coba menenangkan diri agar anxiety disorder tidak muncul,” sambungnya.

Aura Kasih berharap mereka yang mulai menyadari akan adanya gangguan kecemasan secara berlebih untuk lebih terbuka kepada orang lain. Baginya, teman yang baik untuk bertukar pikiran penting untuk mengatasi anxiety disorder.

“Pertama, harus punya teman ngobrol. Kita nggak boleh gengsi karena kita harus sadar ada sesuatu yang salah di dalam diri kita,” kata Aura Kasih.

“Kedua, cari tempat buat ngobrol, nanti akan ada diskusi. Perbanyak ngobrol sih, dan juga perbanyak input yang positif atau baik,” pungkasnya.