Bagikan:

JAKARTA - Penyanyi Isyana Sarasvati mengaku bangga bisa ikut bergabung dalam Pagelaran Sabang Merauke Pahlawan Nusantara. Dalam tema mengangkat pahlawan-pahlawan nusantara, Isyana akan didandani sebagai sosok Ibu Fatmawati.

Isyana sendiri mengaku agak terbebani ketika harus didandani seperti istri sang proklamator itu. Ia bersyukur karena hanya diminta untuk dandan seperti Ibu Fatmawati, bukan memerankan secara teatrikal.

"Pastinya beban ya, tapi untungnya gak memerankan secara teaterikal, tapi looknya aja," ujar Isyana Saravati di Resonanz Music Studio, di kawasan Kebayoran Baru Jakarta Selatan, Selasa, 8 Agustus.

Isyyana mengaku terhormat bisa bergabung dalam pagelaran yang akan diselenggarakan pada 19 Agustus dan 20 Agustus 2023 di JIExpo Theatre, Jakarta. "Suatu kehormatan bisa terlibat, semoga bisa meningkatkan awareness betapa indah dan kaya kebudayaan kita, serta perjuangan pahlawan," kata Isyana lebih lanjut.

Pelantun Il Sogno itu bakal membawakan sekitar 4 lagu dalam Pagelaran Sabang Merauke Pahlawan Nusantara. Menurut Isyana Sarasvati, tampil dalan pagelaran memiliki tantangan tersendiri.

"Bagaimana supaya masuk sama tokoh yang dibawakan," jelasnya.

Selain para musisi dan penyanyi, tak kurang dari 200 penari daerah yang terlibat pada Pagelaran Sabang Merauke ‘Pahlawan Nusantara’ juga telah menjalani sesi latihan selama kurang lebih satu bulan di Yogyakarta demi tampil maksimal. Nama-nama besar di panggung seni pertunjukan juga turut ambil bagian dalam pementasan ini. Untuk urusan visual, Sandhidea Cahyo Narpati, Pulung Jati, Dian Bokir hingga Rizqy Dhafin berkolaborasi di lini koreografi. Harmonisasi para pengisi acara ini disimpul dengan manis oleh sutradara Rusmedie Agus.

Sementara itu pada lini busana, sejumlah desainer kenamaan Tanah Air juga akan memamerkan koleksi terbaik dengan nuansa etnik Indonesia. Mereka diantaranya ialah Ivan Gunawan, Era Soekamto, Danny Satriadi, Denny Wirawan, Ghea Panggabean, Taufik Bachtiar, dan sejumlah anggota Ikatan Perancang Mode Indonesia (IPMI) lainnya. Tak ketinggalan, terdapat pula nama Iwan Tirta Private Collection dan Griya Ageman yang juga turut memamerkan koleksi Wastra Nusantara dalam pagelaran kali ini.