Ganjar Pranowo Menyanyikan Lagu Bengawan Solo dalam Pembukaan ASEAN Para Games 2022
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, didampingi sejumlah seniman menyanyikan lagu Bengawan Solo pada pembukaan ASEAN Para Games 2022 di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (30/7/2022). (Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Ganjar Pranowo Menyanyikan Lagu Bengawan Solo dalam Pembukaan ASEAN Para Games 2022

Ganjar yang menaiki panggung dengan kemeja putih berselempang selendang dan berkalung kendang sempat berbincang dengan komika Dodit Mulyanto dan penyanyi Endah Laras sebelum memulai penampilan mereka.

Dodit membuka nomor populer ciptaan legenda keroncong Gesang itu dengan gesekan biolanya yang menjadi penanda Ganjar untuk masuk memukul kendangnya diikuti suara khas Endah Laras.

Tak sendirian, Endah Laras juga mengajak Ardha Krisna bernyanyi. Ardha merupakan bocah penyandang tunanetra bersuara emas yang pernah diajak duet mendiang Didi Kempot.

Indonesia menjadi tuan rumah pengganti ASEAN Para Games 2022, setelah Vietnam memutuskan mundur.

Solo menjadi kota penyelenggara setelah mendapat persetujuan dari ASEAN Para Sports Federation (APSF) karena dinilai strategis dan memiliki akses yang mudah dijangkau dengan ketersedian fasilitas yang memadai.

ASEAN Para Games 2022 diikuti atlet dari 11 negara di Asia Tenggara. Indonesia selaku tuan rumah menurunkan 323 atlet, kemudian Thailand mengirim 303 wakil.

Sisanya, Vietnam (119 atlet), Kamboja (112), Filipina (144), Malaysia (70), Myanmar (69), Singapura (37 atlet), Laos (37), Timor Leste (15 atlet), dan Brunei Darussalam dengan kontingen paling sedikit yakni 13 atlet.

Mereka akan bersaing dalam 14 cabang olahraga yakni, blind judo, para-atletik, para-renang, para-tenis meja, para-bulu tangkis, para-catur, bola voli duduk, CP Football, para-angkat berat, para-panahan, boccia, goalball, bola basket kursi roda, dan tenis kursi roda.

Pembukaan APG 2022 dihadiri oleh Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin beserta sejumlah pejabat negara seperti Menteri Pemuda dan Olahraga RI Zainudin Amali, Menko PMK Muhadjir Effendy, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, hingga Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.

Sebelum acara inti, penonton dihibur oleh penampilan kelompok hiburan Pecas Ndahe dan sejumlah penampilan band lokal. Pada pertunjukan inti juga penonton dilibatkan pada atraksi human configuration.