Kabar Baru dari Kasus Pelecehan Seksual Anak di Bawah Umur Steven Tyler
Steven Tyler (Instagram @aerosmith)

Bagikan:

JAKARTA - Tim hukum Steven Tyler meminta hakim untuk menyerang klaim perubahan tekanan emosional yang disengaja (IIED) "berdasarkan pernyataan" yang dibuat Tyler dalam memoarnya.

Bulan lalu, Tyler membantah semua tuduhan dari gugatan yang menuduhnya melakukan pelecehan seksual terhadap anak di bawah umur.

Tuduhan pertama kali diajukan pada bulan Desember, di mana Julia Misley - yang dikenal sebagai Julia Holcomb pada saat itu - menuduh vokalis Aerosmith itu melakukan pelecehan seksual dan kekerasan sejak tahun 1970-an, ketika dia masih di bawah umur.

Dalam gugatan itu, dia mengklaim bahwa mereka berdua terlibat dalam hubungan seksual selama sekitar tiga tahun dan sang vokalis meyakinkan ibunya untuk memberinya perwalian atas dirinya ketika dia berusia 16 tahun.

Gugatan itu juga merujuk pada memoar Tyler, di mana dia ingat bahwa dia "hampir menjadi pengantin muda" dan menggambarkan bagaimana orang tuanya "menandatangani surat agar saya memiliki hak asuh, jadi saya tidak akan ditangkap jika saya membawanya keluar dari negara bagian.”

Seperti dilansir Rolling Stone, pembela menyatakan bahwa semua klaim itu "dilarang" karena penggugat memberikan "persetujuan", dan menambahkan bahwa Tyler harus diberikan kekebalan karena dia adalah "penjaga dan/atau wali" pada saat itu.

Sekarang, menurut Rolling Stone, dalam pengajuan baru, pengacara Tyler berpendapat bahwa bagian dari gugatan Misley berdasarkan memoar menjadikannya "Gugatan Strategis Melawan Partisipasi Publik" (SLAPP).

Pengacara Tyler mengklaim bahwa mosi untuk mogok “dibuat atas dasar bahwa” Misley mengajukan SLAPP karena, “Perilaku yang dikeluhkan muncul dari pernyataan yang dibuat dalam memoar Tyler yang diterbitkan. Perilaku seperti itu berimplikasi pada hak Tyler untuk kebebasan berbicara.”

Tim hukum berpendapat, pernyataan Tyler dalam memoarnya harus dianggap sebagai "aktivitas yang dilindungi" dan bahwa Misley telah "berulang kali" mengakui "bahwa klaim IIED-nya didasarkan pada pernyataan kepentingan publik yang sangat besar".

"Di sini, memoar Tyler tentang pengalamannya sebagai bintang rock terkenal di dunia tidak diragukan lagi layak diberitakan seperti yang ditunjukkan oleh perhatian luas yang telah mereka kumpulkan," bunyi mosi itu. "Oleh karena itu, kedalaman intrusi minimal dan jelas melebihi hak Tyler untuk menceritakan peristiwa dari kehidupannya sendiri dalam memoarnya."

Sebagai tanggapan, pengacara Misley, Jeff Anderson, mengatakan kepada Rolling Stone bahwa posisi Tyler "sembrono" dan "usahanya untuk terus mendapatkan keuntungan dan melindungi dirinya sendiri adalah jorok dan cabul."

“Kerusakan yang dia timbulkan sangat aneh dan mencengangkan,” kata Anderson. “Ketika dia mengklaim dalam pernyataan tertulisnya bahwa pada saat yang sama dia menghasilkan jutaan dolar di lelang dengan menerbitkan memoar, dia mengklaim di bawah sumpah bahwa dia tidak bermaksud menyakitinya. Itu seperti mengatakan bahwa ketika dia mempertaruhkan hatinya, dia tidak pernah bermaksud untuk membuatnya kehabisan darah.

“Itu mewakili kedalaman penipuannya dan kekuatan yang menurutnya dia miliki. Realitas: Dia tidak memiliki kuasa atas dirinya. Dan dia telah menyakitinya setiap hari sejak itu. Dia sekarang adalah orang yang memegang kekuasaan. Ini bukan lagi tentang pemerkosaan menurut undang-undang, melainkan tentang pemulihan kekuasaannya.”

Tyler belum mengeluarkan komentar untuk menanggapi pernyataan Anderson.