Asal Muasal Nama 'Fals' dari Iwan Fals
Musisi senior, Iwan Fals. (Foto: Instagram @iwanfals)

Bagikan:

JAKARTA – Musisi senior, Iwan Fals, menceritakan proses terjadinya penggunaan nama 'Fals'. Dia menjelaskannya dalam wawancara pada Podcast Berizik episode 253 di Noice, beberapa waktu lalu.

Iwan Fals menyampaikan, semua itu bermula dari kedekatannya dengan Engkus, teman baiknya saat di Bandung. "Yang mencetuskan nama Fals itu ada namanya Engkus," katanya.

"Dia adalah teman saya di kampung yang sehari-hari bekerja di bengkel. Dan dia punya kegemaran yang sama dengan saya yaitu Bob Dylan."

"Jadi awalnya waktu itu dia memberi tahu saya kalau ada hajatan di dekat sini supaya saya bisa main di sana. Karena ya dari dulu saya suka ngamen keliling gitu. Entah hajatan, warung, atau rumah ke rumah gitu," ujar Iwan.

“Abis itu kalau saya iyakan dia suka mengantar saya pake motor pelanggan yang diinapi di bengkel dia," lanjut Iwan dengan nada canda.

Kemudian, Engkus melontarkan nama 'Fals' itu pada saat melihat Iwan Fals bernyanyi dari panggung ke panggung.

"Terus kan dia suka lihat saya nyanyi juga kan. Setelah saya selesai nyanyi dia sempat bilang 'wah, suara kamu fales banget ya'. Dan saya setuju. Karena saya pikirnya ya kalau jelek ya jelek aja. Jadinya ya lebih pede," tutupnya.

Terlepas dari nama 'Fals' yang terkesan kurang baik sebagai penyanyi, faktanya Iwan Fals mampu bertahan di industri musik Indonesia sampai saat ini. Bahkan dia menjadi salah satu musisi lintas generasi yang hingga kini masih banyak digemari karena penulisan liriknya yang luar biasa.