Ternyata, Lagu Pertama yang Dibuat Iwan Fals tentang Kritikan kepada Guru SMP-nya
 Iwan Fals (Instagram @iwanfals)

Bagikan:

JAKARTA – Dalam sebuah wawancara bersama Soleh Solihun di YouTube beberapa waktu lalu, Iwan Fals membeberkan lagu pertama yang ia buat, soal memprotes guru di sekolahnya saat duduk di bangku SMP.

Iwan Fals menyebut lagu tersebut berjudul Aku dan Sekolah.

“Walaupun saya enggak tahu waktu itu file-nya ke mana ya, tapi judul lagunya itu Aku dan Sekolah. Ya waktu zaman SMP lah itu, di SMP 5 Bandung,” sang legenda membuka.

Iwan Fals juga menyampaikan proses pembuatan lagu tersebut yang ternyata bermula dari ketidaksengajaan.

“Awalnya kan waktu itu ada tanggung jawab untuk bikin vokal grup di SMP itu, saya asal tunjuk tangan aja waktu ditanya siapa yang bisa main gitar, padahal saya enggak bisa sama sekali. Nah dari situ kan mau gamau saya mengejar kan, belajar sampai tangan melepuh gitu. Dalam proses itu, saya kan enggak tahu lagu, karena enggak tahu lagu akhirnya ya bikin lagu,” kata Iwan Fals.

“Ya pokoknya waktu itu liriknya ‘jam dinding berdenting tujuh kali, ketika aku bangun pagi’, nah terus ada nama guru yang saya enggak mau sebutkan namanya di sini, jadi gini liriknya ‘aku dimarahi bu guru bermata jeli’ aku lupa habis itu tuh,” dia menambahkan.

“Pokoknya ada guru cantik, marahin saya karena telat terus lah, dan saya kritik gurunya tapi bukan soal itu. Saya kritik dia karena ada perempuan yang sekolah pakai lipstik gitu, terus merah lipstik-nya diratain ke mukanya sama guru itu. Saya enggak dapat file-nya sampai sekarang sih. cuman not sama syair nya agak samar-samar,” jelas Iwan Fals.

Tak sampai di situ, Iwan Fals juga menambahkan, ia sempat membawakan lagu tersebut di panggung.

“Lagu itu sempat saya bawakan, tapi bukan di vokal grup yang ini, ada di panggung yang lain lah. Ya karena saya enggak bisa lagu orang lain jadinya ya bawakan lagu itu,” tutupnya.