Iwan Fals Akan Rilis Album Baru dari Syair Sawung Jabo
Iwan Fals dan Sawung Jabo di Synchronize Fest 2023 (Ivan Two Putra/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Iwan Fals mengungkap album baru jadi proyek terdekat yang sedang dikerjakan. Hal tersebut diungkap saat menjadi tamu di kanal YouTube Vindes.

Di tengah jadwal tur Gaung Merah yang sedang dijalani, pelantun Sore Tugu Pancoran itu mendapat pertanyaan dari Vincent Rompies terkait proyek musiknya di masa mendatang.

“Next project ada apa lagi yang akan dibuat seorang Iwan Fals, apakah akan ada gebrakan lagi atau megakonser atau apapun itu bersama Gaung Merah?” tanya Vincent Rompies, melansir YouTube Vindes, Kamis, 7 Desember.

“Ya niatan sih begitu, nggak berhenti di 10, (tur Gaung Merah) pengin terus, karena hidup gua di situ,” jawab Iwan Fals.

Kemudian, pria dengan nama asli Virgiawan Listanto itu menyebut album jadi proyek musik yang akan dikeluarkannya dalam waktu dekat.

Album mendatang tampak menarik ditunggu, pasalnya lagu-lagu yang digarap Iwan Fals bersumber dari syair-syair lama dari Sawung Jabo yang belum pernah dialihwahanakan menjadi karya musik.

Dalam penggarapannya, Iwan Fals bekerja sama dengan Oni Krisnerwinto dalam membuat musik bagi syair-syair Sawung Jabo.

“Dalam waktu dekat ini gua mau buat album. Gua mau nyanyiin syari-syairnya Jabo,” kata Iwan Fals.

“Jadi, Jabo bikin puisi dan gua tertarik sama syair-syairnya, apalagi suasana sekarang kayaknya syair Jabo cocok. Gua bikinin lagu untuk syair-syair itu, kasih ke Oni bikin musiknya, terus jadi album,” lanjutnya.

Iwan Fals berencana merilis album tersebut sebelum tahun 2023 berakhir.

“Nanti mudah-mudahan Desember ini (selesai),” pungkasnya.

Sebagai informasi, Iwan Fals sudah bekerjasama dengan Sawung Jabo sejak lama. Keduanya pernah berada dalam satu grup di Swami dan Kantata Takwa.

Kolaborasi dua seniman besar Tanah Air itu melahirkan banyak lagu terkenal, antara lain Bento, Bongkar, Badut, Hio, hingga Nyanyian Jiwa.