Kolaborasi “Ngaco” Iwan Fals dan Sawung Jabo di Lagu Urap-Urap Gado-Gado
Iwan Fals dan Sawung Jabo (Ivan Two Putra/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Iwan Fals baru saja merilis album baru bertajuk 2324 pada Jumat, 12 Januari pekan lalu. Album ini berisikan 11 lagu yang berasal dari sajak yang ditulis Sawung Jabo.

Urap-Urap Gado-Gado menjadi salah satu lagu dari album 2324 yang cukup menarik perhatian. Lirik lagunya berasal dari sajak yang ditulis Sawung Jabo di Sydney, Australia pada 15 Februari 2021.

“Lagu ini lagu ngaco. Makin lama makin buat kita bego,” bunyi penggalan lirik lagu Urap-Urap Gado-Gado.

Sajak Sawung Jabo sangat keras mengkritik mereka yang dengan kemampuan bicaranya berhasil menghipnotis banyak orang.

“Jangan sok tau jangan sok jago,” penggalan lain dari lirik lagu Urap-Urap Gado-Gado.

Sajak dari seniman dengan nama asli Mochamad Djohansyah itu juga dilantunkan dengan tepat oleh Iwan Fals, dengan gaya meledek seperti di lagu Asik Nggak Asik.

Selanjutnya, bagian interlude lagu juga dengan tepat diisi distorsi gitar dari Noldy Benyamin. Isian ini memperlihatkan kemarahan dari lirik lagu yang sangat keras melontarkan kritik bagi mereka yang “sok tau” dan “sok jago”.

Dalam kolom komentar di kanal YouTube Iwan Fals Official, banyak warganet yang melihat lagu Urap-Urap Gado-Gado menampilkan lirik yang vulgar dan keras.

Kolaborasi Iwan Fals dengan Sawung Jabo lewat lagu ini dilihat sebagai kembalinya sang legenda dengan karya-karya yang bermuatan kritik.

“Waduh, liriknya keras ini,” tulis akun @Bug***.

“Iwan Fals is mbalek (kembali),” komentar akun @ded***.

Sebelumnya, Iwan Fals mengaku tertarik untuk menjadikan sajak-sajak yang ditulis Sawung Jabo menjadi album tersendiri. Menurutnya, syair yang ditulis sesuai dengan kondisi Indonesia belakangan ini.

“Jadi, Jabo bikin puisi dan gua tertarik sama syair-syairnya, apalagi suasana sekarang kayaknya syair Jabo cocok. Gua bikinin lagu untuk syair-syair itu, kasih ke Oni bikin musiknya, terus jadi album,” kata Iwan Fals.