Bagikan:

JAKARTA - Dalam wawancara baru dengan majalah Guitar World, gitaris KISS Tommy Thayer mengomentari rencana bandnya untuk melanjutkan karier sebagai band virtual.

Teknologi ini yang awalnya dikembangkan untuk acara "Voyage" ABBA di London ini akan memungkinkan KISS untuk tetap "berjalan" di masa pensiun.

“Sejauh ini menarik sekali membuat avatar; perlu waktu untuk mendapatkan gambar sesuai keinginan kami,” kata Tommy.

"Saya belum benar-benar memikirkan apa arti semua ini dalam gambaran besarnya, namun dengan teknologi yang berkembang secepat ini, tidak ada keraguan bahwa ini adalah arah yang dituju oleh banyak hiburan."

Bulan lalu, KISS mengungkapkan bahwa para penggemar tampaknya harus menunggu lebih dari tiga tahun untuk melihat penampilan avatar pertama band tersebut.

Pada 22 Desember, KISS merilis video pendek yang mengumumkan bahwa "pertunjukan" yang menampilkan avatar KISS akan datang pada 2027.

Band ini memberi judul pada klip tersebut: "50 tahun adalah waktu yang lama, dan masa depan sedang dalam proses."

Avatar KISS ini dibuat oleh Industrial Light & Magic (ILM) dan dibiayai serta diproduksi oleh perusahaan Swedia Pophouse Entertainment, yang berada di belakang "ABBA Voyage".

Awal bulan lalu, bassis/vokalis KISS Gene Simmons mengatakan sekitar 200 juta dolar AS diinvestasikan ke dalam acara avatar KISS.

Berbeda dengan pertunjukan "ABBA Voyage", yang menciptakan kembali konser ABBA era tahun 1970-an di arena yang dibangun khusus di London, avatar KISS yang muncul pada konser terakhir band tersebut di New York pada awal Desember tidak akan didasarkan pada kenyataan seperti replika digital ABBA.

Menurut BBC News, avatar KISS akan menampilkan band tersebut tampil sebagai pahlawan super berbasis fantasi yang tingginya delapan kaki, menyemburkan api dan menembakkan listrik dari jari-jari mereka, sambil melayang di atas penonton.

Belum ada rincian lebih lanjut yang diumumkan mengenai rencana KISS dengan avatar band tersebut.

“Kami akan mencari tahu setelah tur,” kata CEO Pophouse Per Sundin sebelum pertunjukan terakhir di Madison Square Garden.

"Apakah ini konser KISS di masa depan? Apakah ini opera rock? Apakah ini musikal? Sebuah cerita, sebuah petualangan? Keempat individu ini sudah memiliki kekuatan super. Kami ingin seterbuka mungkin."

Avatar tersebut sekarang akan tersedia untuk pertunjukan langsung di seluruh dunia dan dalam pengaturan online digital, yang oleh sebagian orang secara kolektif disebut sebagai metaverse.

KISS dilaporkan akan menjadi band Amerika pertama yang sepenuhnya virtual dan menggelar pertunjukan avatarnya sendiri.