Bagikan:

JAKARTA - Synchronize Fest 2023 hadir dengan semboyan “Bhineka Tunggal Musik”. Berbagai genre dari banyak musisi Indonesia akan tampil di Gambir Expo Kemayoran, Jakarta Utara pada 1-3 September.

Semboyan “Bhinneka Tunggal Musik' merupakan ikhtisar dari Synchronize Festival yang ingin terus berkembang pada setiap edisinya untuk menjadi wadah keragaman musik Indonesia yang berkualitas.

David Karto selaku Director of Festival Synchronize Fest mengatakan bahwa semboyan yang dipilih menggambarkan upaya pihaknya untuk menguatkan ekosistem musik Indonesia menjadi lebih solid.

“Semboyan yang kita pilih sama pengertiannya dengan semboyan negara kita. Kita mau menguatkan ekosistem musik Indonesia jadi lebih solid,” kata David Karto dalam konferensi pers di kawasan Blok M, Jakarta Selatan pada Selasa, 25 Juli.

Dalam tiga hari penyelenggaraan, Synchronize Fest 2023 akan menghadirkan 167 penampil akan bermain di delapan panggung, di antaranya Dynamic Stage, District Stage, Lake Stage, Forest Stage, XYZ Stage, Gigs Stage, Record Market, dan yang terbaru adalah Panggung Getar.

Para penampil yang hadir dibuat lebih beragam lagi. Tidak hanya nama besar saja yang dihadirkan, namun juga musisi dan grup baru yang selama ini belum banyak kesempatan main di panggung besar.

Aldila Karina selaku Director of Communications Synchronize Fest menyampaikan harapannya agar musisi baru yang akan tampil nanti bisa menjadi highlight dalam penyelenggaraan selanjutnya.

“Kita berharap yang menjadi highlight nantinya nggak terus-menerus Slank atau Iwan Fals. Kita mau musisi muda dan musisi batu juga bisa jadi highlight di masa mendatang,” ujar Aldila Karina.

Synchronize Fest 2023 akan memberikan suguhan menarik dalam 12 special show, di antaranya Soneta x Dipha Barus, Iwan Fals x Sawung Jabo dan Konser Petualang Sherina (Isyana Sarasvati, Yura Yunita dan Reza Chandika).

Selain itu, ada juga Dekade Fariz RM '79-‘89, God Bless 50 Tahun, Melly Goeslaw Songbook (feat BBB, Anda Perdana dan Eric Erlangga), Matajiwa x Matajiwo dan Bimbo Bersama Yanti Bersaudara.

Masih dalam kumpulan 12 special show, akan ada penampilan beberapa penyanyi yang menyanyikan lagu Naif, 4 Sehat 5 Nambah (Orkes Moral Pancaran Sinar Petromak, Orkes Moral Pengantar Minum Racun, Pemuda Harapan Bangsa, Orkes Nunung cs dan Jhonny Iskandar), Republik Cinta Management (TRIAD, Mulan Jameela, Mahadewi) dan Symphony from Hell.

Penampil dari berbagai genre dan generasi juga dihadirkan, seperti Trio Macan, The Adams, NOAH, Tulus, Pee Wee Gaskins, Sal Priadi, Hindia, Setia Band, Dewi Perssik, David Bayu, Bunga Citra Lestari, D'Masiv, SM*SH, Slank, Project Pop, Nadin Amizah, Isyana Sarasvati, Cokelat, Karma Dara Orchestra hingga JKT48 bersama eks member generasi pertama.

Berlanjut ke penampil lain, ada musik dangdut koplo yang hadir dari Babaloman, Munhajat, Olsam, OM Lawan, OM PMS, OMPLR, Proses Pensil Alis, Orkes PMJ, Orkes Taman Bunga, Pasukan Perang, Serempet Gundal serta Sudhhobool.