Panasnya Perseteruan Richard Fortus dan Nuno Bettencourt
Richard Fortus (Instagram @4tus)

Bagikan:

JAKARTA - Nuno Bettencourt, yang tampil dengan superstar pop Rihanna selama lebih dari satu dekade, mengklarifikasi komentarnya baru-baru ini yang dianggap menyinggung salah satu rekannya, gitaris Guns N' Roses, Slash.

Dalam sebuah wawancara dengan Planet Rock, gitaris Extreme itu berpendapat bahwa banyak pemain gitar yang menjadi panutannya, termasuk Slash, tidak akan mampu menangani keragaman musik konser Rihanna.

"Ketika seseorang seperti Rihanna menghubungi Anda untuk tampil, semua orang berpikir 'oh, itu lucu. Itu artis pop, apa pun itu,'" kata Nuno.

"Izinkan saya memberi tahu Anda sesuatu, apa yang harus saya lakukan malam demi malam… mengenakan topi reggae [untuk satu lagu] dengan nuansa reggae, dan masuk ke R&B, lalu masuk ke punk rock dan pop rock yang dia (Rihanna) tampilkan, dan kemudian trek klub. Segala macam [hal], semua perasaan yang berbeda itu."

"Maaf, sebagian besar pemain gitar yang saya kagumi tidak bisa bermain dalam pertunjukan itu seumur hidupnya," tambahnya. "Maksud saya dengan cara yang paling mungkin."

"Slash adalah salah satu pemain gitar rock terhebat sepanjang masa tapi saya jamin - dan dia akan menjadi yang pertama memberi tahu Anda - bahwa jika dia melompat dan dia harus memainkan intro yang bersih untuk Rude Boy dari Rihanna, itu tidak akan terjadi."

Nuno melanjutkan: "Saya percaya bahwa jika saya tidak begitu beragam secara musik dan menerima semua yang saya alami saat dibesarkan, tidak mungkin saya berada di tempat sekarang. Dan juga terbuka, menjadi musisi terbuka dalam arti 'siap untuk apa pun.'"

Beberapa hari setelah komentar Nuno beredar di media musik tersebut, rekan satu grup Slash di Guns N' Roses, Richard Fortus, melalui Instagram, membagikan berita utama dari artikel Guitar.com yang melaporkan kata-kata Nuno dengan menyertakan pesan khusus kepada gitaris Extreme itu.

"Saya harus dengan hormat tidak setuju. @nunobettencourtofficial adalah salah satu yang terbaik, tentu saja. Namun, sangat sedikit yang tidak bisa dilakukan @slash pada gitar (jika dia mau). Saya melakukan tur dengan Rihanna sebelum Nuno dan saya' telah menghabiskan banyak waktu bermain musik dengan Slash. Pertunjukan (Rihanna) ini tidak akan menyulitkan baginya."

Sabtu larut malam, 22 Juli, Nuno turun ke media sosialnya untuk mengklarifikasi komentar aslinya serta untuk menanggapi Richard, yang bermain dengan Rihanna dalam Good Girl Gone Bad Tour pada 2008 dan 2009. Bettencourt menulis: "Welp… Saya tahu (komentar) ini akhirnya datang."

"Anda tidak dapat diberkati dan muncul di beberapa sampul majalah gitar pada usia 56 tahun secara mengejutkan, mendapatkan perhatian sebanyak ini untuk permainan Anda dan album baru sebagai gitaris rock tanpa gitaris lain membuat keributan."

"Saya menanggapi ini bukan karena saya peduli tentang apa yang dipikirkan gitaris ini (Fortus) tentang saya, tetapi, sebaliknya, karena saya tidak suka berpikir beberapa kata saya menyinggung pahlawan saya, @slash dan mungkin mengacaukan hubungan saya dengannya.

"@4tus Saya tidak pernah mendengar Anda memainkan satu nada pun selama 56 tahun hidup saya dan hanya tahu nama Anda dari kubu Rihanna dan sebagai pemain pengganti di Guns (N' Roses)."

"Saya yakin Anda adalah pemain yang bagus, tetapi apakah Anda benar-benar perlu memposting ulang tajuk utama yang membuat saya terlihat menjelek-jelekkan sesama pemain, Slash."

"Sepertinya saya pernah berpikir Slash tidak mampu memainkan lagu Rihanna dalam tidurnya."

"Mari kita luruskan. Bagi saya, Slash adalah salah satu gitaris rock terhebat di generasi saya dan sepanjang masa. Periode. Dan @4tus jika Anda benar-benar mengenal dan di mana hati saya berada, Anda akan tahu bahwa yang saya maksudkan dalam pernyataan ini bukanlah tentang Slash atau kemampuannya, Ini tentang gitaris rock seperti saya atau Slash yang berpindah genre dan kecanggungan dalam memainkan nuansa ini."

"Tak ada yang meragukan, Slash dapat memainkan lagu-lagu ini, terima kasih banyak telah menunjukkannya seolah-olah kami belum mengetahuinya. Tapi bagi saya sebagai gitaris rock yang dominan, saya jelas tidak berbakat seperti Anda dan menemukan tantangan untuk menguasai semua kantong dan nada gitar yang berbeda dari genre seperti reggae, R&B, electronic dance, trap dan pop."

"Sejauh Anda menyoroti pernyataan konyol saya bahwa Slash akan 'bersusah payah', ya pilihan kata yang buruk di pihak saya, saya pribadi berharap bahwa Slash yang merupakan rekan dan pengaruh saya akan lebih dewasa untuk memahami apa yang sebenarnya saya maksudkan sebagai gitaris dengan komentar itu."

“Menyebut Slash sebagai contoh rock ikonik, maksud saya secara umum gitaris rock akan menemukannya, bukan bersusah payah, tapi merasa seperti ikan keluar dari air sebagai pemain. Itulah yang saya maksud."

"Saya tidak memiliki apa-apa selain rasa hormat dan kekaguman pada @gunsnroses dan @slash."

"Maaf jika saya tidak sengaja menyinggung siapa pun."

Nuno baru-baru ini berbagi panggung dengan Rihanna ketika artis R&B pemenang Grammy Award itu naik panggung di Phoenix pada 12 Februari untuk penampilannya di paruh waktu Super Bowl 2023.