Permintaan Maaf Nuno Bettencourt kepada Richard Fortus Diakhiri dengan Ajakan Ngebir Bareng
Nuno Bettencourt (Instagram @generationaxe)

Bagikan:

JAKARTA - Nuno Bettencourt - tampil bersama superstar pop Rihanna selama lebih dari satu dekade - meminta maaf atas komentarnya yang menyinggung salah satu rekannya, gitaris Guns N' Roses, Slash.

Meski Slash tidak memberi tanggapan, rekannya di Guns N' Roses, Richard Fortus, membela gitaris berambut keriwil itu dengan menyebut sahabatnya bisa memainkan apa pun yang dia mau, dari berbagai genre.

Tak ayal, pernyataan Fortus melahirkan komentar lanjutan Nuno yang justru terkesan merendahkan Fortus. Salah satunya: "@4tus saya sama sekali tidak pernah mendengarmu memainkan satu nada pun selama 56 tahun hidup saya dan hanya tahu nama kamu dari kubu Rihanna dan sebagai pemain pengganti di Guns N' Roses."

Kemarin, Kamis, dalam video permintaan maafnya yang berdurasi hampir lima menit, Nuno menggambarkan seluruh peristiwa itu dengan kata "konyol" dan dia "bertanggung jawab penuh" atas "omong kosong" yang dia katakan yang melahirkan perdebatan.

"Ini Nuno di sini. Hanya pesan singkat, cepat. Dengar, ini sedikit yang dikatakan orang ada pertengkaran antara Richard Fortus dan saya dan komentar yang saya buat dan postingan yang dia dibuat dan omong kosong yang saya katakan tentang bermain bersama Rihanna, itu konyol. Saya bukan orang itu. Saya tidak ingin menjadi orang itu. Saya tidak tertarik dengan omong kosong ini. Ini benar-benar membuat saya muak," kata Nuno di Instagram.

"Saya baru saja pulang dan aku melihat sialan [Justin] Hawkins [of The Darkness] memposting tentang ini semua, sebuah episode [di saluran YouTube-nya] dan menguraikan siapa yang mengatakan apa. Ini konyol. Intinya adalah ini adalah saya. Saya harus tutup mulut."

"Saya mendapat pertanyaan tentang Rihanna, dan jawaban saya konyol - benar-benar konyol. Saya akan bertanggung jawab penuh tentang ini dan betapa sulitnya dan betapa sulitnya bagi orang untuk memainkan rasa yang berbeda. Saya mencoba membuatnya satu poin, dan itu menjadi bumerang bagi saya."

"Saya melakukan banyak wawancara dengan pers, dan sesekali Anda mengatakan omong kosong bodoh. Anda ditanyai pertanyaan bodoh. Jadi sekarang saya akan tetap berpegang pada Extreme, tetap pada apa yang saya tahu, tetap pada apa yang saya lakukan pada gitar dan apa yang saya lakukan untuk Extreme. Dengan begitu tidak ada yang bisa macam-macam dengan dan tersinggung dan [membuat] komentar. Jangan tanya saya tentang orang lain. Jangan tanya saya tentang Rihanna. Jangan tanya saya tentang Slash atau Guns N' Roses atau Richard Fortus, kepada siapa saya berutang permintaan maaf."

"Richard, maaf, saudaraku. Ini konyol. Kamu punya hak penuh untuk membela saudaramu. Dan meskipun itu dengan cara yang paling ringan atau apapun itu, kamu benar. Saya tidak suka menyakiti orang. Saya tidak suka berbicara buruk tentang siapa pun. Dan ini semua datang dari saya, dari wawancara Planet Rock yang konyol, yaitu ketika seseorang bertanya kepada saya tentang Rihanna, seperti yang saya katakan, saya harus tutup mulut — kamu tahu, berbicara tentang betapa sulitnya itu. Saya punya alasan sendiri mengapa saya mengatakan apa yang saya katakan dalam arti apa artinya bagi saya dengan memainkan semua perasaan yang berbeda (ketika bermain bersama Rihanna), tetapi jelas itu terlihat sangat arogan, itu terlihat sangat ofensif."

"Orang-orang menyukai omong kosong ini dan mereka memakannya dan yang dilakukannya hanyalah menciptakan getaran buruk bagi semua orang di komunitas kami, di komunitas gitaris, ketika pada akhirnya, sungguh, saya sangat menghormati semua orang. Semua orang punya jalur dan semua orang punya tempat untuk melakukan apa yang mereka lakukan. Apakah saya pernah mendengar Richard bermain sebelumnya, yang tidak saya lakukan, itu tidak memberi saya hak untuk berkomentar bahwa saya belum pernah mendengar nada yang dia mainkan seumur hidup saya, meskipun itu benar."

"Tapi itu [saya] yang kesal dan saya pikir hanya saya yang kesal secara umum sehingga saya memulai omong kosong ini. Jadi, permintaan maaf lagi untuk Richard. Dia jelas pemain gitar yang hebat. Dia bermain dengan Guns N' Roses. Dia pasti luar biasa. Dan, siapa pun di luar sana yang menyukai jenis omong kosong berair ini, pergilah sendiri dan urus urusanmu sendiri dan saya akan mengurus urusan saya sendiri dan menyimpan omong kosong itu untuk diri saya sendiri, apa pun yang saya rasakan tentang betapa sulitnya segala sesuatu. Tapi, seperti yang saya katakan, kawan, siapa pun yang mengenal saya di komunitas gitar, yang saya lakukan hanyalah sangat menghormati semua orang yang bermain dengan saya dan saya melangkah keluar dari jalur saya untuk yang satu ini, sungguh."

"Dan ini bukan permintaan maaf yang konyol dalam arti bahwa saya mundur untuk apa pun. Saya benar-benar kembali dan membaca apa yang sebenarnya saya jawab, dan itu sangat bodoh, dan saya membuatnya terlalu penting untuk pertunjukan itu. Sungguh bodoh bagi saya untuk menyebutkan hal itu atau terutama Slash. Maksud saya, saya bahkan tidak tahu mengapa Slash keluar dari mulut saya selama itu selain saya hanya menggunakannya sebagai contoh dari kami pemain gitar rock yang memainkan nuansa berbeda."

"Selain itu, saya sayang kalian semua, 'persetan kalian semua', jika kalian tahu maksud saya. Dan sejujurnya, bung, ini konyol. Mari kita hentikan omong kosong ini. Saya berharap bisa ngebir bareng Richard dalam waktu dekat dan menertawakan hal ini karena ini cukup bodoh. Ini konyol. Kita semua adalah pemain hebat dan tidak perlu bagi siapa pun untuk berdebat tentang hal bodoh seperti ini. Saya bereaksi agak panas karena saya mungkin menyadari betapa tololnya saya dengan mengatakan apa yang saya katakan tentang Slash dan bermain dengan Rihanna."

"Cukup sudah. Sebelum saya mengoceh dan terus mengatakan sesuatu yang lain, saya tidak ingin mengatakannya, bung, saya akan menemui kalian di sana. Tapi saya senang melihat kalian semua di jalan. Tuhan memberkati semuanya. Damai. Sampai ketemu."

Menanggapi permintaan maaf Nuno dan ajakan ngebir bareng, Fortus menulis di kolom komentar unggahan video gitaris kelahiran Portugal itu: "Saya hubungi kamu buat ngatur rencana ngebir bareng."

Dengarkan pernyataan maaf lengkap Nuno dalam unggahan video Instagram di bawah.