Bagikan:

JAKARTA - Paul Gilbert akan merilis album tribute untuk salah satu ikon terbesar heavy metal, Ronnie James Dio.

Berjudul The Dio Album, kumpulan materi instrumental gitar ini dirilis via Music Theories Recordings/Mascot Label Group pada 7 April mendatang.

Sebelum para penggemar bisa mendengarkan seluruh materi dalam album ini, Paul meluncurkan single kedua Heaven and Hell untuk menindaklanjuti Holy Diver yang dirilis beberapa waktu lalu.

The Dio Album merupakan penghargaan paling akurat secara sonik untuk lagu-lagu yang membuat Ronnie James Dio menjadi legenda rock and roll yang bonafide.

Untuk benar-benar mengasah esensi mendiang sang penyanyi, Paul membedah melodi lagu-lagunya baris demi baris dan memasukkan setiap inci dirinya ke dalam musik. Itu adalah satu-satunya cara untuk menangkap setiap ons energi dan emosi.

Album ini terdiri dari 10 lagu yang menentukan karier Ronnie James Dio, dari Neon Knights dan Long Live Rock 'N' Roll hingga Holy Diver dan Man On The Silver Mountain.

Selain menganalisis melodi vokal Ronnie James Dio yang menggetarkan, Paul juga menikmati penghormatannya kepada tiga legenda gitar dunia, yakni Tony Iommi dari Black Sabbath, Ritchie Blackmore dari Rainbow, dan Vivian Campbell dari DIO.

"Memainkan semua riff metal seperti Stand Up And Shout, Neon Knights, dan Kill The King membuat saya merinding. Isian gitar dari Ritchie, Tony dan Vivian membuat bulu kuduk merinding," kata Paul dalam keterangan resminya.

"Riff yang luar biasa ini adalah balok baja dari lagu-lagu itu, yang menjadi sandaran segala sesuatu.

"Solo gitar dalam lagu-lagu ini terdengar teriakan dari puncak gunung yang jauh. Ritchie, Tony, dan Vivian menetapkan standar yang sangat tinggi," tutup dia