VW Golf Harlequin 1996 Dilelang, Tampil Unik dengan Bodi Beragam Warna
Volkswagen Golf Harlequin 1996. (Dok. Bring a Trailer)

Bagikan:

JAKARTA - Sebuah hatchback Volkswagen Golf Harlequin langka dari tahun 1996 baru saja masuk pelelangan online Bring a Trailer (BaT) pada 3 April. Mobil ini merupakan salah satu dari hanya 264 unit yang diproduksi untuk pasar Amerika Utara, dan punya kelir bodi yang unik dan menarik perhatian.

Varian Harlequin ini memang dikenal dengan skema cat uniknya. Dasar cat mobil ini berwarna merah Tornado Red, dipadukan dengan panel-panel berwarna kuning Ginster Yellow, hijau Pistachio Green, dan biru Chagall Blue. Kombinasi warna ini membuat tampilannya sangat eye-catching dan tidak biasa.

5

Keunikan berlanjut ke bagian interior. Jok mobil ini dilapisi kain berwarna abu-abu dengan aksen empat warna yang selaras dengan eksterior. Nuansa menyenangkan ini membuat kabin terasa lebih atraktif.

7

Dilansir dari laman rumah lelang,3 April, untuk dapur pacunya, Volkswagen Golf Harlequin ini mengandalkan mesin 2.0-liter 4-silinder segaris yang dikawinkan dengan transmisi manual 5-percepatan. Tenaga yang dihasilkan mesin ini tercatat sebesar 115 dk dan torsi 165 Nm.

8

Berdasarkan odometer digital, mobil ini telah menempuh jarak sejauh 79.000 mil (sekitar 127.000 km). Menariknya, Golf Harlequin ini disebutkan berada dalam kondisi terawat dengan kelengkapan dokumen berupa window sticker asli, laporan Carfax bersih, dan tentunya title (STNK) Illinois yang sah.

Sejarah Singkat VW Golf Harlequin

Sekilas tentang sejarahnya, varian Golf Harlequin ini terinspirasi dari kesuksesan Polo Harlequin yang sebelumnya telah diluncurkan di Eropa dengan jumlah lebih banyak, yakni sekitar 3.000 unit. Sebagai pembeda, proses pengecatan Golf Harlequin dilakukan dengan cara yang unik.

Bodi mobil terlebih dahulu dicat dengan satu warna dasar. Kemudian, panel-panelnya dilepas dan dicat dengan warna berbeda. Lalu, panel tersebut dipasang kembali secara acak, sehingga tidak ada warna yang bersebelahan langsung.

Dengan produksi yang terbatas dan skema cat yang nyentrik, VW Golf Harlequin 1996 ini tentu menjadi incaran para kolektor dan pecinta mobil klasik.