MG Tebar Teaser Mobil Listrik Baru yang Meluncur di IIMS, New MG ES?
MG ES. (Dok. MG Thailand)

Bagikan:

JAKARTA - MG Motor Indonesia bakal meluncurkan dua model mobil listrik pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS), salah satunya yaitu MG ES. 

Hal tersebut dipastikan dari teaser melalui laman Instagram @mgmotor.id. Dalam pantauan VOI, terdapat tiga video singkat dan salah satu videonya memamerkan nama 'MG ES'. 

"Inovasi teknologi MG selalu maju, kami tidak pernah lelah untuk mencoba dan memberikan yang terbaik untuk semua orang. Lihat apa yang ditawarkan MG kepada Anda di IIMS 2024," tulis cuitan MG, dikutip, Senin, 12 Februari. 

Mobil satu ini sendiri sudah beberapa kali hadir pada pameran di Indonesia, yang masuk ke dalam segmen station wagon. Selain itu mobil ini juga sudah dijual di negara tetangga Thailand sejak 2023 silam. 

Lantas bagaimana spesifikasinya di Thailand? 

Desain 

7

Berkaca dari model yang ada di Thailand, mobil listrik ini hadir dengan grill depan dan lampu depan baru Light Tirai Design untuk tampilan lebih stylish, ditambah Roof Rail dengan kapasitas beban maksimal 75 kilogram. Desain station wagon memastikan ruang kabin luas dan luas bagasi 1.367 liter. Interiornya didekorasi secara elegan dengan energetic blue strip, dan jok kulit dengan desain tekstur denim untuk tampilan modern dan perawatan yang mudah. Jok kulit berdesain baru juga dilengkapi dengan teknologi ergonomis Zero-G Seats untuk penumpang yang ideal untuk perjalanan jarak jauh.

8

Platform

MG ES listrik menghadirkan platform transmisi tercanggih yang ukurannya lebih kecil dan bobot lebih ringan namun menjanjikan efisiensi 53 persen lebih tinggi. Generasi baru dilengkapi dengan 8 layer hair pin permanent magnetic synchronous motor (PMSM) menghasilkan tenaga maksimal 177hp dan torsi maksimal 280 Nm. Dengan peningkatan respon throttle yang menjanjikan tingkat akselerasi 15.000 rpm, NEW MG ES mampu melaju dengan kecepatan maksimal 185 km/jam. Model ini juga dilengkapi dengan Sistem Pemulihan Energi Kinetik (KERS) yang tersedia dalam tiga level: tinggi, sedang, dan rendah; dan lingkaran putar hanya 5,95 meter.

Baterai

NEW MG ES dilengkapi baterai Lithium-ion Phosphate (LFP) berkapasitas 51 kWh yang 22% lebih ringan, ditambah Liquid Cooling System untuk motor listrik dan baterai. Baterainya mampu menempuh jarak maksimum 412 kilometer dengan sekali pengisian daya penuh, sesuai standar (NEDC), dan kompatibel dengan Quick Charge (dari 0 hingga 80 persen) dalam waktu sekitar 40 menit pada 87 kWh ) dan Pengisian Normal (dari 0 hingga 100 persen) dalam waktu sekitar 7,15 jam pada 6,6 kWh hingga 11 kWh melalui MG HOME CHARGER). Model ini juga dilengkapi dengan Vehicle to Load (V2L) yang memungkinkan kendaraan berfungsi sebagai sumber tenaga, menyalurkan daya AC reguler ke peralatan lain dengan daya 2.200 watt.

Soal harga, di Thailand mobil ini dibanderol 959.000 bath atau kisaran Rp417 jutaan. Berapa harga yang pas untuk pasar Indonesia?