Bagikan:

JAKARTA - Baru-baru ini, Porsche secara resmi meluncurkan Panamera terbaru. Ini merupakan model generasi ketiga yang dihadirkan dengan beberapa ubahan, termasuk gaya baru, peningkatan dari segi berkendara, dan mesin yang lebih bertenaga.

Dilansir dari Motor1, Jumat, 24 November, salah satu ubahannya mencakup bagian eksterior. Meskipun memiliki desain yang mirip dengan generasi sebelumnya, namun ada beberapa hal yang dirubah. Mobil ini kini dilengkapi saluran masuk udara tambahan di atas plat nomor depan, yang diperlukan untuk mendinginkan powertrain.

Bagian pencahayaan dilengkapi dengan lampu depan LED Matrix sebagai fitur standar. Garis jendela yang didesain ulang pada tampilan samping semakin memperkuat karakter sedan pada mobil sport empat pintu tersebut. Menawarkan kelegaan maksimal, Panamera memiliki dimensi panjang 5.052 mm, lebar 1.937 mm, serta tinggi 1.423 mm.

9

Panamera baru sudah hadir dengan suspensi udara dari Porsche Active Suspension Management (PASM) sebagai perlengkapan standar. Teknologi dua katup memisahkan tahap rebound dan kompresi dari kontrol peredam dan oleh karena itu menawarkan rentang yang lebih luas antara kenyamanan dan kesan sporty.

Berpindah ke bagian dalam, tuas persneling konvensional di konsol tengah telah dihilangkan, menciptakan ruang yang lebih dinamis. Layar sentuh ini mampu mengatur berbagai fungsi, termasuk pengaturan suhu dan ventilasi udara yang dapat disesuaikan secara elektrik, sama seperti Cayenne.

9

Selain itu, ada layar kluster instrumen digital berukuran 12,6 inci, yang dipadukan dengan layar sentuh tengah berukuran 12,3 inci. Terdapat pula layar sentuh penumpang sebesar 10,9 inci, yang dilapisi dengan film khusus agar tidak mengganggu pengemudi.

Serangkaian mode berkendara pun bisa dipilih, mencakup Normal, Sport dan Sport Plus serta tangkai kendali bantuan juga dapat diakses langsung oleh pengemudi. Artinya, pengemudi tidak perlu mengalihkan pandangan dari jalan untuk menyesuaikan program berkendara dan sistem bantuan.

Panamera generasi ketiga tersebut merupakan salah satu produk elektrifikasi yang dihadirkan oleh Porsche. Tersedia dalam empat powertrain berbeda, termasuk tipe tertinggi Turbo E-Hybrid. Varian tertinggi tersebut memiliki mesin V8 4,0 liter turbo digabungkan dengan motor listrik yang memompa tenaga 680 ps dan torsi 930 Nm.

Terintegrasi dengan sistem transmisi PDK dual-clutch delapan percepatan, mobil ini mampu berlari dari 0 ke 100 km/jam dalam waktu 3,2 detik dengan menghasilkan kecepatan tertinggi hingga 315 km/jam.

Mengusung teknologi plug-in hybrid (PHEV), mobil ini disematkan baterai berkapasitas 25,9 kWh yang membuat mobil melaju hingga jangkauan 91 km pada tenaga listrik murni dan kompatibel dengan pengisian daya AC 11 kW, sehingga mampu mengisi daya baterai hingga 2 jam 39 menit.

Dengan kemewahan dan performa mengagumkan, Porsche Panamera generasi terbaru tersebut dibanderol mulai dari 107.800 euro atau setara Rp1,8 miliar dan varian tertingginya mencapai 192.500 euro atau setara Rp3,2 miliaran untuk Panamera Turbo E-Hybrid untuk pasar Jerman. Mobil ini akan dikirimkan untuk pasar Eropa mulai Maret 2024 mendatang.