Bagikan:

YOGYAKARTA – Rasa sedih kerap menghalangi seseorang untuk hidup bahagia tanpa beban. Rasa sedih termasuk perasaan negatif, yang menurut penelitian jika kita menerima perasaan negatif akan meningkatkan kesejahteraan. Temuan ini tampak paradoks, bagaimana bisa menerima dan mengatasi rasa sedih bisa lebih sejahtera?

Seseorang mungkin tidak bisa bahagia karena menganggap punya penghalang mencapai hidup tanpa beban. Misalnya, Anda beranggapan bisa bahagia jika punya pekerjaan lebih baik. Atau bisa lebih bahagia kalau punya rumah sendiri, punya banyak cinta, punya rumah yang bagus, hingga alasan lain yang kerap kali membuat Anda stres. Menurut Meg Selig, penulis buku Silver Sparks: Thoughts on Growing Older, Wiser, and Happier, krisis kehidupan sehari-hari yang relatif dapat diprediksi, bisa membuat seseorang berurusan dengan stres. Selanjutnya, berikut cara mengatasi rasa sedih sehingga bisa merasakan kebahagiaan tanpa beban.

1. Mengenali perasaan sedih yang bagaimana yang dialami

Ketika Anda mengenali perasaan sedih bagaimana yang dialami dan melabelinya, kemudian menempatkan perasaan tersebut dalam persektif yang tepat, maka akan membantu mengurangi stres. Cara ini membantu mengalihkan bagian otak yang emosional -marah, kecewa, sedih- ke bagian otak yang berpikir sehingga berada pada perspektif yang tepat.

cara mengatasi rasa sedih sehingga hidup bahagia tanpa beban
Ilustrasi cara hidup bahagia tanpa beban (Freepik/freepic.diller)

2. Izinkan diri sendiri untuk bahagia

Cobalah berbicara dengan baik kepada diri sendiri. Ini dapat membantu menemukan momen menenangkan. Lalu katakan pada diri sendiri bahwa Anda tidak perlu merasa bersalah karena menginginkan kebahagiaan, kegembiraan, dan kelegaan dalam hidup. Setelah itu, temukan cara-cara sederhana yang membuat Anda bisa menikmati kesenangan kecil. Misalnya pergi ke taman, menikmati secangkir kopi dan sepotong pie, atau membaca buku sambil mendengarkan musik. Ingatkan juga pada diri sendiri bahwa tidak apa-apa bersenang-senang meski sebagian dari hidup kita mungkin berantakan.

3. Rawat diri sendiri dan mencari kegiatan kreatif serta bermakna

Kalau Anda belum mulai menjalani pola hidup sehat, makan sehat, dan olahraga rutin, saatnya segera memulai. Berolahragalah dengan benar, makan dengan tepat, jalin hubungan hangat dengan teman terdekat, tidur cukup, dan tolak “teman palsu”. Hindari minum alkohol berlebihan, malas-malasan, atau makan berlebihan.

Selain menjalani pola hidup sehat, penting juga menciptakan rasa nyaman dengan menekuni hobi atau kegiatan kreatif lainnya. Misalnya, menulis jurnal, berkebun, berkomunitas, maupun berkesenian.

4. Memisahkan penyebab rasa sedih dengan kehidupan pribadi

Kalau pekerjaan membuat Anda merasa sedih, tempatkan kesulitan pekerjaan di “boks tugas kerja” dalam otak Anda. Tinggalkan di sana, dan pisahkan dengan kehidupan rumah tangga Anda. Anda bisa menanganinya lagi saat jam kerja. Melansir Psychology Today, mengambil waktu istirahat mental dari masalah yang dihadapi dapat membantu Anda membayangkan solusi baru atas masalah tersebut.

5. Bersyukur atas apa yang bisa dilakukan

Rasa syukur dapat membuat seseorang merasa lebih bahagia. Meski ada rasa sedih karena kondisi kritis sehari-hari yang bikin stres, tetap bisa mencari celah untuk ucapkan rasa syukur. Bisa juga hanya berfokus pada momen-momen bahagia.

Itulah cara mengatasi rasa sedih untuk mendapatkan hidup bahagia tanpa beban. Penting diperhatikan, mendapatkan kebahagiaan harus diupayakan. Artinya, Anda memiliki tanggung jawab atas kebahagiaan Anda sendiri, jelas Selig.