Bagikan:

JAKARTA - Hubungan sehat adalah landasan menuju hidup bahagia dan sejahtera. Cinta memberikan banyak tawa dan beragam manfaat. Meski begitu, pertengkaran merupakan bagian tak terpisahkan dari setiap hubungan dan tidak dapat dihindari. 

Karena itu, Anda wajib melakukan yang terbaik untuk membuat hubungan dengan pasangan sehat dan bahagia. Kepercayaan, pengertian, dan kesetiaan adalah tiga hal terpenting dalam sebuah hubungan. Ini berfungsi sebagai fondasi bangunan hubungan sehingga harus dijaga. Selain itu, di bawah ini merupakan parameter lain yang penting dari sebuah hubungan agar berhasil, menyadur PinkVilla, Rabu, 23 Oktober.

Kesetiaan

Kesetiaan merupakan salah satu kunci hidup pernikahan bahagia. Kesetiaan berarti berkomitmen kepada orang yang Anda cintai baik secara fisik maupun mental. Dalam sebuah ikatan cinta, merupakan tanggung jawab pasangan untuk membuktikan kesetiaan satu sama lain. Anda harus selalu memiliki batasan sehat dalam suatu hubungan agar tetap stabil. Komitmen Anda kepada orang yang di sayangi adalah hal terpenting dan Anda dapat menyakitinya jika tidak setia.

Kepercayaan

Apalah arti cinta tanpa kepercayaan? Cinta itu seperti kue tanpa ceri atau bunga tanpa aroma. Kepercayaan membuat pasangan merasa aman sehingga mengarah pada hubungan lebih dalam. Memiliki kepercayaan pada pasangan berarti Anda percaya pada mereka, dan tidak perlu terus-menerus mengawasi mereka sambil memikirkan apa yang mungkin mereka lakukan di belakang Anda. Kesetiaan mengarah pada kepercayaan, itulah sebabnya keduanya merupakan hal penting dalam suatu hubungan.

Mencintai diri sendiri

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan adalah menikah karena merasa kesepian atau tidak bahagia. Sebelumnya, pahami dulu kalau tanggung jawab membuat diri bahagia ada di tangan Anda sendiri. Tak ada yang dapat mengambil tanggung jawab itu. Dan jika Anda menikah karena ingin dibahagiakan, maka cepat atau lambat Anda akan menderita dalam hubungan. 

Untuk itu, penting mencintai diri sendiri dan bahagia dalam cangkang Anda saat menjalani hubungan. Menjadi mandiri secara emosional adalah kunci memiliki kehidupan bahagia dengan orang yang dicintai.

Komunikasi

Apa hal terpenting dalam sebuah hubungan? Komunikasi yang sehat, tentu saja. Orang yang sangat mencintai seseorang merasa nyaman berkomunikasi secara terbuka dengan pasangannya. Sangat penting menyuarakan perasaan, pendapat, kebutuhan, dan harapan Anda agar pasangan lebih memahami Anda.

Jika tidak ada komunikasi, kesalahpahaman dapat menumpuk dan merusak kebahagiaan. Tidak peduli seberapa sibuknya Anda, pastikan menghabiskan waktu berkualitas dengan orang yang dicintai dan berkomunikasi dengan mereka.

Peduli

Saat mencintai seseorang, Anda secara otomatis mulai peduli pada mereka. Anda tidak akan tega melihat pasangan kesakitan atau merasa sedih. Sehingga, bersikaplah ramah dan peduli pada pasangan. Buatkan secangkir minuman kesuakaan pasangan saat sakit, temani mereka saat mebgalami hari buruk di tempat kerja, dan dukung pasangan dalam suka dan duka untuk menunjukkan cinta Anda.

Ruang

Anda dan pasangan adalah sebuah tim, tetapi jangan sampai kehilangan individualitas saat bersama seseorang. Salah satu hal terpenting dalam sebuah hubungan adalah ruang. Memberikan ruang satu sama lain dari waktu ke waktu memungkinkan masing-masing untuk memperhatikan kebutuhan dan emosi. Rencanakan melakukan perjalanan solo, atau makan malam bersama teman-teman untuk memberi diri Anda dan pasangan sedikit ruang.

Memaafkan

Jika seseorang bertanya kepada Anda, 'apakah 5 hal terpenting dalam sebuah hubungan?', jangan lupa sebutkan memaafkan karena itu adalah kebajikan penting yang harus dimiliki setiap orang. Manusia pasti pernah berbuat salah, dan terkadang, pasangan Anda mungkin melakukan kesalahan yang menyakiti Anda. Jika mereka dengan tulus meminta maaf dan berusaha melakukan hal-hal yang berbeda mulai dari masa depan, Anda harus memaafkan pasangan.

Kemauan untuk berkorban

Setiap hubungan membutuhkan pengorbanan dan kompromi agar dapat berkembang. Dalam cinta, orang-orang mengutamakan kebahagiaan pasangannya daripada kebahagiaan mereka sendiri agar hubungan tersebut berhasil. Jika Anda terus-menerus mengabaikan pasangan dan hanya mempertimbangkan kebutuhan dan preferensi Anda, hal itu dapat menyebabkan kepahitan dalam hubungan. Lakukan penyesuaian sesekali agar hubungan Anda berkembang. Meskipun demikian, kompromi harus dilakukan oleh kedua belah pihak, dan hanya dengan begitu cinta akan bertahan lama.

Itulah delapan hal yang perlu dijaga dengan baik jika ingin hubungan pernikahan berjalan lancar, awet, serta harmonis.