Bagikan:

JAKARTA - Apakah Anda merasa hubungan pertemanan yang dijalin sering menyakiti perasaanmu dan menambah masalah? Jika benar demikian, maka Anda berada dalam hubungan pertemanan yang toxic.

Demi kebaikan diri sendiri, Anda harus bisa mengambil tindakan untuk memutus hubungan dengan teman yang toxic tersebut. Inilah beberapa cara yang bisa dilakukan, yang dilansir dari Webmd.

1. Hadapi mereka

Jika Anda merasa teman tersebut tidak akan selalu buruk dan tidak sadar bahwa yang mereka lakukan menyakiti, Anda bisa bersikap terbuka dahulu dengan mereka sebelum memutuskan untuk mengakhiri hubungan.

Namun, usahakan untuk tidak memikirkan tindakan mereka, melainkan fokus pada perasaan Anda. Ini akan membantu Anda untuk mempertahankan fokus pada semua perilaku toxic mereka yang mengancam persahabatan dan perasaan diri sendiri.

2. Menjauhkan diri

Berikan waktu pada diri sendiri untuk melihat bagaimana hidup Anda berubah tanpa teman toxic tersebut di sekitar. Ini adalah langkah pertama yang dapat dilakukan untuk menghadapi perpisahan, terutama jika Anda pernah mencoba membicarakannya sebelumnya tetapi tidak berhasil.

3. Terima apa pun yang dirasakan

Menghindari seseorang yang disayangi memang bukan merupakan hal yang mudah. Perasaan yang mengganjal akan muncul, tetapi harus dilakukan karena penting untuk ketenangan pikiran Anda.

Terima apa pun perasaan sedih dan kehilangan yang datang ketika memilih mengakhiri hubungan dengan teman yang toxic. Biarkan diri sendiri mengalami emosi-emosi ini sehingga bisa melupakannya secara perlahan.

4. Luangkan waktu

Rasa kesepian juga akan muncul ketika memutuskan hubungan dengan seorang teman yang sering menghabiskan waktu bersama Anda. Sebaiknya luangkan beberapa waktu berlalu begitu saja untuk proses Anda sembuh dan kembali ke diri normal.

Tetap teguh pada pendirian untuk mengakhiri hubungan demi kebaikan sendiri. Jangan biarkan siapa pun memaksa Anda kembali ke situasi buruk yang telah ditinggalkan.