Bagikan:

JAKARTA - Traveling memiliki banyak manfaat. Sekalipun untuk urusan bisnis maupun liburan bersama pasangan atau keluarga, traveling bisa membuat kita menjadi lebih santai dan rileks.

Traveling juga membuat tingkat stres seseorang menjadi lebih rendah. Sebuah penelitian baru menyebut traveling juga membuat wajah seseorang terlihat awet muda.

Penelitian menemukan traveling dapat membuat koneksi sosial, jam tidur yang lebih baik , dan memperoleh pengalaman baru. Hal ini dapat membantu menurunkan risiko penuaan dini.

Temuan ini disampaikan oleh Fangli Hu, penulis utama studi dan kandidat PhD di Edith Cowan University, Australia. Studi ini diterbitkan dalam Journal of Travel Research pada bulan Agustus 2024.

"Sebagai akademisi pariwisata, kami ingin melihat bagaimana perjalanan dapat membuat perbedaan nyata dalam kehidupan orang-orang, terutama dalam hal kesehatan dan penuaan," kata Fangli Hu, dikutip dari laman Women's Health pada Senin, 21 Oktober 2024.

Para peneliti mengatakan mengubah rutinitas biasa dan melihat hal-hal baru dapat menurunkan tingkat stres serta meningkatkan metabolisme. Pada akhirnya, hal ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan memperlambat tanda-tanda penuaan.

Sementara itu, Shannel Kassis Elhelou, PsyD, seorang peneliti geropsikologi dan neuropsikologi di Program Kesehatan Otak dan Gaya Hidup Pacific Neuroscience Institute di Santa Monica, California mengatakan teori tersebut menarik.

"Hal ini sejalan dengan apa yang kami identifikasi sebagai pilar kesehatan otak: tidur , nutrisi , manajemen stres, olahraga, sosialisasi , dan stimulasi kognitif," kata Elhelou.

"Perjalanan secara alami menggabungkan banyak elemen, terutama melalui aktivitas fisik, keterlibatan kognitif dari pengalaman baru, dan interaksi sosial yang muncul saat menjelajahi budaya baru. Faktor-faktor ini penting untuk menjaga kesehatan kognitif dan mental, selain menumbuhkan rasa bahagia dan tujuan." lanjutnya.

Traveling dapat membuat seseorang menjalankan gaya hidup sehat, seperti kegiatan mendorong lebih banyak aktivitas fisik dan hubungan sosial.

"Selain itu, perjalanan dapat mengarah pada pola makan yang lebih sehat saat kita mencoba makanan lokal yang segar," katanya.

Sekali lagi, ini adalah konsep yang cukup baru dan sulit untuk mengatakan dengan pasti traveling dapat memperlambat penuaan. Mengingat traveling itu menyenangkan bagi kebanyakan orang, tidak ada salahnya untuk melakukannya.

Hu juga mengatakan tidak ada cara pasti untuk berpergian agar mendapatkan manfaat optimal. Cara ideal untuk traveling sangat bergantung pada situasi dan kebutuhan setiap orang.

"Liburan tahunan mungkin bermanfaat, tetapi bagi sebagian orang, perjalanan yang lebih sering atau liburan singkat yang teratur mungkin memberikan manfaat yang lebih besar. Tidak harus perjalanan internasional, lokal atau liburan akhir pekan mungkin juga cocok." jelas Hu.

Jadi, pergilah traveling karena itu bisa membantu Anda tetap awet muda atau menyenangkan.