Bagikan:

YOGYAKARTA - Ketika hendak bepergian ke luar negeri, pastinya Anda akan sibuk menyiapkan barang-barang yang akan dibawa. Agar mudah dibawa di pesawat, Anda bisa memasukkannya ke dalam koper. Maka dari itu Anda perlu tips packing koper sebelum ke luar negeri. 

Apalagi kalau jumlah bawang bawaan Anda banyak, tentu akan menyulitkan ketika menatanya. Selain itu, menata barang-barang di koper sebaiknya jangan dilakukan secara asal-asalan. Cara packing di koper untuk pergi ke luar negeri harus dilakukan dengan rapi dan penataan yang tepat. 

Dengan teknik packing yang tepat, Anda bisa menata barang-barang secara efektif sehingga koper bisa memuat banyak. Lantas bagaimana tips packing koper sebelum ke luar negeri supaya rapi dan bisa masuk banyak?

Tips Packing Koper sebelum ke Luar Negeri

Meski terkesan sepele, ternyata menata barang bawaan ke dalam koper bisa menyulitkan apabila barang yang mau dibawa cukup banyak. Ada strategi packing barang di koper supaya rapi dan tidak membludak atau berantakan. Dengan teknik pengemasan yang tepat maka perjalanan Anda bisa nyaman dan bebas dari stres.

Oleh karena itu, Anda perlu tahu cara packing di koper yang tepat berikut ini:

Menyusun Daftar Barang Bawaan

Sebelum mulai mengemas koper, buatlah daftar barang-barang yang perlu dibawa. Pastikan untuk mencatat perlengkapan pribadi, pakaian, obat-obatan, dan barang penting lainnya. Dengan membuat daftar ini, Anda bisa memastikan tidak ada yang tertinggal dan menghindari membawa barang yang tidak dibutuhkan.

Memeriksa Batas Bagasi Maskapai

Setiap maskapai memiliki batasan berat dan ukuran bagasi yang berbeda. Oleh karena itu, pastikan untuk memeriksa aturan bagasi sebelum bepergian. Langkah ini bertujuan agar kamu terhindar dari biaya tambahan yang tidak diinginkan.

Pilih Pakaian yang Akan Dibawa

Pastikan kamu sudah merencanakan pakaian yang akan dibawa dalam koper dan dipakai selama perjalanan. Disarankan untuk mengenakan pakaian berbahan berat seperti jeans, boots, atau jaket, sementara pakaian yang lebih tipis dan ringan bisa ditata rapi di dalam tas.

Namun tetap perhatikan kenyamanan, terutama jika penerbanganmu berlangsung lebih dari empat jam. Sebaiknya kenakan pakaian yang nyaman agar lebih mudah bergerak. Selain itu, pintar-pintarlah dalam memadupadankan pakaian, sehingga kamu tidak perlu membawa banyak baju. Dengan cara ini, kamu bisa mengoptimalkan penggunaan ruang di dalam koper.

Lipat Pakaian dengan Rapi

Melipat pakaian dengan rapi bisa membantu menghemat ruang di koper. Kamu dapat mencoba metode konmari, yaitu menggulung pakaian yang akan dibawa. Cara ini bisa mencegah pakaian menjadi kusut selama perjalanan. Namun jika tidak ingin menggulung, kamu bisa melipatnya setipis dan serapi mungkin.

Gunakan Kemasan Terpisah untuk Cairan

Maskapai membatasi jumlah cairan yang bisa dibawa di bagasi kabin hingga 100 mililiter. Cairan tersebut juga akan diperiksa oleh petugas sebelum naik ke pesawat. Agar pemeriksaan berjalan lancar, pastikan kamu membawa cairan dalam kemasan terpisah.

Pisahkan Barang-Barang Tertentu Menggunakan Pouch

Untuk menjaga kerapihan dan memudahkan saat mengambil barang, kamu bisa menggunakan pouch untuk memisahkan barang-barang. Contohnya, pouch khusus untuk makeup dan skincare, pouch untuk perlengkapan mandi, obat-obatan, kabel elektronik, dan lain-lain.

Cari Tahu Info Cuaca dan Kebutuhan Khusus di Negara Tujuan

Periksa terlebih dahulu kondisi cuaca di tempat tujuan dan kebutuhan khusus yang mungkin diperlukan. Jika terdapat perbedaan iklim, pastikan untuk membawa pakaian yang tepat. Hindari salah kostum saat tiba di lokasi tujuan.

Demikianlah tips packing koper sebelum ke luar negeri supaya barang bawaan Anda rapi dan muat banyak. Dengan cara packing koper yang tepat, perjalanan Anda ke luar negeri akan terasa lebih nyaman dan tanpa kekhawatiran. Baca juga kenali macam-macam ukuran koper sesuai kebutuhan perjalanan. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.